bisnis online

Bagi para pemula pastilah ada banyak kendala ketika terjun dalam dunia bisnis online, salah satunya produk yang anda jual tidak mudah laku dipasaran. Tahukah anda apa penyebabnya? Salah satunya akan kamu bahas pada artikel ini beserta cara mengatasinya.

Padahal bisnis online di Indonesia cukup menjanjikan, ini terbukti dengan meningkatnya jumlah pertumbuhan transaksi e-Comerce Indonesia naik 500% dalam 5 tahun.

Sehingga, jika Anda menjual produk yang tepat pasti akan mudah terjual, hal ini dapat dilihat dari potensi ekonomi digital Indonesia yang cukup besar.

Berikut ini cara memulai bisnis online anda agar dapat dijalankan dengan mudah dan hasil optimal. Cara ini juga berguna untuk anda yang memiliki modal kecil dan belum pernah menjalankan bisnis online.

bisnis onlineLangkah 1 : Temukan Apa yang Dibutuhkan Orang

Jika anda ingin dengan mudah menjual produk, pastikan anda menemukan pasar terlebih dahulu setelah itu baru sediakan produk untuk target pasar anda. Ini adalah langkah pertama cara memulai bisnis online. Anda bisa melakukan survey dengan bergabung di berbagai forum dan grup sosial media kemudian temukan berbagai permasalahan. Jika anda memiliki ide yang sama dengan orang lain, buat produk anda lebih spesial.

Langkah 2 : Buat Copywriting yang Menjual

Setelah anda berhasil menemukan masalah yang paling sering dihadapi orang beserta produk untuk mengatasi masalah tersebut, selanjutnya adalah membuat sebuah copywriting (teknik menulis unuk memengaruhi pembaca sesuai yang anda inginkan. Ini adalah bagian terpenting untuk mengarahkan pengunjung supaya melakukan pembelian ketika mereka mengunjungi website anda yaitu dengan membuat judul yang menarik, penjelasan manfaat produk anda, penambahan testimoni juga memengaruhi rank anda dalam berbisnis, buat penawaran semenarik mungkin, penggunaan gambar yang menarik.

Baca Juga: Bagaimana Konten Produk yang Berkualitas?

Langkah 3 : Buat Sebuah Website

Ini adalah bagian terpenting cara memulai bisnis online yang harus Anda lakukan, karena akan digunakan sebagai media menampilkan produk Anda melalui internet.

Di awal, Anda hanya memerlukan sebuah website sederhana. Untuk membuat website sederhana, saat ini sudah tersedia berbagai cara mudah yang dapat Anda kerjakan sendiri tanpa bantuan seorang developer website.

Untuk membuatnya, ingat apa yang dikatakan Leonardo da Vinci: Simplicity is the ulitmate sophistication(kesederhanaan adalah sebuah kesempurnaan).

Langkah 4 : Datangkan Pengunjung dari Mesin Pencari

Optimasi website dan hasilkan artikel berkualitas sesuai pasar dari produk Anda.Kenapa Anda harus mendatangkan pengujung dari mesin pencari? Mesin pencari adalah sumber pengunjung utama untuk website Anda yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun hal ini tidak mudah untuk dilakukan, tapi ada cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan pengunjung dari mensin pencari.

Lagkah 5 : Bangun Reputasi

Untuk meningkatkan reputasi, Anda dapat bergabung di berbagai forum atau grup sosial media sesuai dengan target pasar Anda. Pastikan Anda selalu aktif di forum tersebut dengan menjawab pertanyaan dari para anggota, pastikan jawaban yang Anda berikan sifatnya memberikan solusi. Selain itu, buatlah artikel-artikel bermanfaat di website Anda, tentunya yang sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, Anda menargetkan wanita gemuk dengan produk yang akan Anda jual berupa pelangsing. Artikel yang Anda buat tentunya berupa tips untuk mengatasi masalah mereka.

Langkah 6 : Ubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Dapatkan list email dari pengunjung potensial Anda dengan cara menambahkan form subscribe di website Anda. Ini bertujuan untuk mendapatkan calon pembeli potensial yang akan Anda tawarkan diskon dari produk yang dijual. Supaya calon pembeli tidak merasa terganggu dengan penawaran Anda, mengirim email penawaran jangan terlalu sering, idealnya sekitar dua minggu sekali.

Baca Juga: Trik di Facebook untuk Kegiatan Marketing

Langkah 7 : Jaga Loyalitas Pelanggan

Setelah anda memiliki pembeli, pastikan mereka menjadi pelanggan yang loyal. Manfaatkan email marketing dengan cara menambahkan form subcribe, untuk Anda tawarkan penawaran diskon khusus untuk pelanggan Anda. Itulah beberapa langkah bagaimana cara memulai bisnis online yang dapat Anda gunakan.

Itulah beberapa langkah kecil untuk memulai bisnis online khususnya para pemula. Selamat mencoba, Digitizer!

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.