Event Online

Event Online bukanlah hal yang baru. Namun, semenjak pandemi covid-19 ini event yang dilakukan secara daring banyak bermunculan. Hal ini membuat industri event Indonesia semakin gencar dalam mengaplikasikan acara secara daring ini.

Dilansir dari Hootsuite, event online bisa dibuat dalam berbagai bentuk. Mulai dari live tweeting untuk acara tanya jawab dengan followers, workshop online, hingga webinar dengan mengundang para ahli sesuai acara yang diselenggarakan.

Apakah event online dapat tingkatkan strategi marketing?

Tentu saja. Sebelum berbicara ke sana. Ada baiknya Anda harus memahami bagaimana cara membuat event online ini.

Pahami siapa peserta Anda

Sebelum membuatnya, Anda harus paham mengenai siapa yang akan menjadi peserta. Apakah mereka memahami tentang acara secara daring? Seberapa paham mereka tentang acara online? Atau pertanyaan lainnya sehingga Anda bisa memetakan target peserta yang akan hadir.

Berdasarkan Socialtables terdapat beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan untuk memahami siapa yang akan menjadi peserta event online Anda, yakni

  • Bidang apa dalam industri Anda yang paling diminati oleh mereka?
  • Seberapa aktif calon peserta dalam menggunakan media sosial.
  • Jenis penawaran apa yang paling mereka sukai, contohnya diskon atau undian.

Setelah membuat pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa melakukan survey online pada banyak platform media sosial untuk mendapatkan jawaban dari calon audiens Anda.

Baca Juga: 4 Cara Optimasi Instagram Reels untuk Para Pengusaha dan Pemula

Tentukan format dan platform yang digunakan

Sama halnya event offline, terdapat beragam format yang digunakan seperti workshop, webinar atau diskusi.

Pastikan acara yang Anda buat menarik secara visual serta memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari pesaing.

Selain itu, Anda harus memilih platform yang tepat dalam mengadakan event online. Anda bisa menggunakan Facebook Livestream, Youtube Live, Google Meet atau Zoom. Platform tersebut menawarkan fitur yang hampir sama sehingga anda dapat memilih sesuai kebutuhan serta format event Anda.

Waktu yang tepat

Membuat event online juga membutuhkan waktu yang tepat. Biasanya waktu terbaik untuk membuat event oline adalah akhir pekan. Namun, ada beberaoa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan waktu yang tepat.

Misalnya saja apakah hari tersebut bertepatan dengan event nasional, pertandingan bulutangkis atau acara lain yang ditunngu banyak orang?

Anda juga bisa menentukan dengan melakukan kuesioner atau survey online kepada audiens.

Sosialisasikan event online Anda

Sama halnya dengan acara offline, event online juga dipasarkan di berbagai media, terutama media online. Hal ini media sosial di berbagai plaform seperti Facebook, Instagram, hingga Twitter bisa dipilih.

Baca Juga: Potensi Instagram di 2021

Tak hanya itu saja, anda harus sertakan tautan lain di unggahan Anda seperti formular pendaftaran, speaker, dan cara mendaftarkan melalui format video. Tak lupa untuk selalu gunakan hashtag Instagram atau hashtag Twitter untuk dapat menarik perhatian calon peserta yang akan bergabung pada acara daring Anda.

Bagaimana Digitizer, siap membuat event online Anda sendiri?

Jika merasa kebingungan, Anda tak perlu khawatir. Konsultasikan kepada ahlinya.

Call us for your greatest event ever!