Foto: Dana.id

Kecanggihan teknologi mulai merambah di berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi. Dengan hadirnya dompet digital (e-wallet), segala transaksi mulai dari pembayaran belanjaan, kirim uang, hingga membayar tagihan bulanan jadi lebih mudah dan efisien. Membuat masyarakat memiliki kebiasaan baru seperti memburu promo dengan menawarkan cashback menggiurkan. Di sisi lain, beragam kemudahan yang ditawarkan bisa berbalik jadi bumerang bila konsumen tidak bijak dalam menggunakan dompet digital. Simak tips menggunakan dompet digital agar terhindar dari pemborosan.

Baca juga: Bayar Tagihan Lewat Fintech Makin Populer

1.Manfaatkan Promo Secukupnya

Di tengah ramainya godaan promo dari e-wallet, kamu bisa membeli barang yang sebetulnya tidak terlalu penting atau dibutuhkan. Biasanya tergoda saat di mal karena ada promo besar yang ditawarkan. Untuk itu, lebih pandai mengendalikan diri saat melihat promo cashback. Langsung sadar diri dan berhati-hati memanfaatkan uang digital yang ada.

2.Anggap Saldo e-wallet Seperti Uang Tunai

Salah satu penyebab penggunaan uang elektronik lebih boros adalah wujudnya yang tidak terlihat. Hal ini bisa memberi pengaruh secara psikologis sehingga secara tidak sadar kamu ingin menggunakan uang tersebut. Selain harus memperhitungkan jumlah saldo yang kamu masukkan, pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan tujuan awal. Bila perlu, catat pengeluaran untuk uang elektronik sama seperti kamu mencatat pengeluaran lain.

Baca juga: Windows 7 Ikut “Pamit” dari Miscrosoft

3.Pilih e-wallet yang Jamin Keamanan dan Kerahasiaan Data Pribadi

Data pribadi sangat penting dan harus dilindungi. Sebab itu, pilih e-wallet yang bisa menjamin data penggunanya. Salah satu jenis e-wallet, DANA memiliki fitur khusus yakni DANA Protection

Melalui fitur tersebut, DANA memberikan jaminan proteksi 100% untuk kenyamanan serta keamanan penggunanya. Jaminan proteksi ini dimanfaatkan secara optimal oleh pengguna dompet digital DANA yang telah mendaftarkan diri sebagai pengguna premium. Untuk menjadi pengguna premium, pengguna DANA hanya perlu melakukan verifikasi data diri dengan mengirimkan foto diri dan kartu identitas langsung di aplikasi DANA.

4.Pilih e-wallet Sesuai Kebutuhan

Saat ini sudah banyak perusahaan penyedia e-wallet. Jangan sembarangan instal aplikasi, perhatikan syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Hal tersebut akan memperparah keuangan kita jadi tidak terkontrol. Pastikan juga e-wallet yang dipilih aman untuk bertransaksi maupun data pribadi. Yang terpenting sesuai dengan kebutuhan kamu.