A student takes online classes at home, with his companions, using the Zoom APP during the coronavirus disease (COVID-19) outbreak in El Masnou, north of Barcelona, Spain April 2, 2020. REUTERS/Albert Gea

Brainstorm efektif saat pandemi ― Situasi pandemic yang masih belum mereda membuat banyak perusahaan memutuskan system kerja remote. Atau lebih dikenal dengan sebutan work from home (WFH). Sistem kerja ini juga memiliki beberapa kendala. Salah satunya ialah perihal komunikasi dalam tim. Berikut ad acara brainstorm Bersama tim ketika sedang WFH. Supaya sesi brainstorm atau diskusi berjalan efektif meski tidak bertemu tatap muka.

Bagi Anda para pengusaha yang memiliki tim kerja, sesi diskusi kelompok biasanya sangat diperlukan. Mulai dari membahas kampanye produk hingga progress bisnis. Tak jarang sesi ini dapat berjalan seharian di kantor. Namun, bagaimana jika tim sedang WFH?

Supaya Digitizers dan tim bisa brainstorm dengan efektif, coba lakukan beberapa hal ini!

Buat agenda yang jelas

Diskusi akan berjalan lebih lancar jika Anda dan tim mengetahui topik apa saja yang akan dibahas. Beri tahu tim Anda apa agenda diskusi dan buat perencanaannya. Ini bisa menghemat waktu, Digitizers. Selain itu, sesi brainstorm juga akan lebih fokus. Dengan begitu, pekerjaan pun bisa selesai dengan cepat.

Pilih ruang kerja yang tenang dan nyaman

Bekerja di rumah ternyata banyak mengundang distraksi. Untuk itu, Digitizers perlu mencari ruangan yang bebas distraksi, terlebih ketika perlu melakukan diskusi dengan tim. Supaya pikiran bisa lebih fokus dan diskusi semakin efektif. Anda tidak akan menemui hal-hal yang mengalihkan pikiran.

Mulai diskusi dengan hal-hal menarik

Oleh karena situasi kerja Anda dan tim berbeda, ada baiknya nih memulai brainstorm dengan pertanyaan ringan nan seru. Misalnya acara Netflix yang ditonton atau kopi yang diminum. Ide-ide kreatif bisa saja muncul karena teringat tentang film atau packaging kopi yang unik. Digitizers bisa mencoba hal ini.

Baca Juga: Digital Marketing dan Ide Strategi Dasar untuk Maksimalkan Keberhasilan Startup

Brainstorming sebelum diskusi dengan tim

Melakukan brainstorm sendiri dapat memberikan outcome yang baik. Hal tersebut juga diungkapkan dalam penelitian oleh Inc.com. Tujuan dari melakukan hal ini ialah mendapatkan ide-ide segar yang matang. Melakukan brainstorm mandiri, Digitizers tak perlu merasa takut akan pendapat orang lain. Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan ide yang Anda miliki.

Nah, demikian empat cara brainstorm efektif ketika WFH. Digitizers bisa melakukan ini untuk mendapatkan diskusi forum yang berkualitas dan hasil yang jelas. Kerja remote bukan lagi hambatan dalam bekerja ya, Digitizer! Yuk, selalu semangat dalam menjalankan bisnis. Sharing bareng teman-teman sesama pebisnis juga akan membantu lho.

Salam Digitizer