Free Porn
xbporn
More

    Kenali apa itu Key Opinion Leader dan pengaruhnya dalam event marketing

    Apakah kamu pernah membeli sesuatu karena tergerak setelah melihat postingan seseorang? Apakah kamu pernah tertarik dengan suatu brand karena postingan seseorang yang memberi ulasan baik? Orang-orang yang berhasil memperngaruhimu tadi dapat disebut dengan key opinion leader.

    Apa itu key opinion leader?

    KOL atau key opinion leader merupakan seseorang yang menguasai atau memahami bidang tertentu dan pendapatnya didengar banyak orang. Seorang KOL punya pengalaman dan pemahaman lebih terkait suatu bidang dibanding orang-orang dan memiliki pengaruh besar. Contohnya koki terkenal, orang yang berkecimpung di dunia pendidikan, pakar kecantikan, dan sebagainya. Key opinion leader juga bisa aktif di media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak orang. Namun, tidak seperti influencer yang fokusnya dikerahkan untuk membuat konten media sosial, KOL lebihh fokus dengan pekerjaan di dunia nyatanya.

    Media sosial mereka gunakan untuk membangun relasi. Namun, tidak menutup kemungkinan KOL juga bisa menjadi influencer dan menerima endorse dari brand-brans. Contohnya seperti koki yang mendapat endorse alat memasak. Desain grafis professional yang mendapat endorse perangkat desain canggih, dan sebagainya.

    Keberadaan KOL yang semakin banyak menjadi pilihan baru bagi brand dalam memasarkan produknya. Mereka tidak lagi mempromosikan lewat media konvensional, tetapi juga bisa melalui bantuan key opinion leader. KOL yang bekerja sama tersebut akan mengenalkan prduk brand di media sosial mereka yang akhirnya banyak orang mengetahui produk atau jasa tersebut. Tidak hanya mempromosikan produk, suatu brand juga bisa mengajak kerja sama KOL dalam event yang ingin diadakan.

    Suatu brand memiliki berbagai taktik promosi agar orang-orang bisa tertarik membeli dan menggunakan produk mereka. Event marketing merupakan salah satu strategi yang sering dilakukan oleh suatu brand. Ada beberapa jenis event marketing, di antaranya yaitu event launching product. Kegiatan tersebut diadakan ketika suatu brand mengeluarkan produk baru dan ingin orang-orang mengetahui produk tersebut.

    Event launching bertujuan agar orang-orang dapat mengetahui lebih dekat dan mencoba langsung produk baru suatu brand. Aktivitas tersebut berusaha menanamkan awareness bagi khalayak. Kehadiran key opinion leader inilah yang nantinya berperan dalam kelancaran event marketing.

    Baca juga: Istilah Talent Hunter dalam Event Organizer

    Pengaruh key opinion leader dalam event marketing

    Membantu mempromosikan produk

    Seorang KOL yang bekerja sama dengan brand, mereka akan terikat kesepakatan terkait tugas-tugas yang perlu dilaksanakan. Dalam strategi pemasarannya, biasanya brand meminta KOL untuk mempromosikan produk mereka di media sosail. Dengan begitu, pengikut KOL akan mengetahui brand tersebut. Key opinion leader bisa membagikan kegiatannya selama terlibat dalam event launching yang kemudian diketahui oleh para pengikutnya.

    Meningkatkan permintaan produk di masyarakat

    Key opinion leader yang sudah dikenal banyak orang dan punya pengikut yang banyak, mereka bisa membantu peningkatan jumlah penjualan suatu brand, terutama bila mereka memiliki penggemarnya. Seorang pengagum yang menjadikan KOL sebagai trend-setter akan berusaha mengikuti apa yang dilakukan panutannya. Semisal KOL menggunakan produk A, penggemarnya juga ingin memiliki produk A. Semisal brand kosmetik mengeluarkan produk terbaru mereka lalu mengajak KOL yang merupakan perias ternama hadir mengisi sesi event, para penggemar KOL akan penasaran yang kemudian dapat berakhir jadi menggunakan produk brand tersebut.

    Meningkatkan kredibilitas brand

    Pada kegiatan event marketing, seorang key opinion leader bisa ditunjuk untuk menjadi pembicara atau narasumber dalam sesi event suatu brand. Pemilihan KOL itu pastinya dinilai dari seberapa besar pengaruhnya terhadap khalayak, kesesuaian KOL dengan konsep atau tema yang diangkat brand. Menghadirkan KOL pada kegiatan event marketing mampu meningkatkan kredibilitas brand di masyarakat sebab orang-orang akan meyakini bila brand tersebut memang bagus. Seperti misalnya ketika brand makanan mengajak kerja sama dengan chef Juna, orang-orang akan percaya kalau produk tersebut bagus karena koki terkenal juga merekomendasikannya.

    Perlu diingat bahwa penggunaan KOL tidak selalu memberikan hasil sesuai dengan yang diinginkan brand karena bisa jadi pengikut KOL hanya mengetahui, tapi tidak menggunakan produk brand tersebut. Namun, peran KOL masih bisa berpengaruh bila ingin meningkatkan brand awareness pada khalayak. Kalau kamu juga ingin mengembangkan brand atau mengadakan suatu event, Kinetic.id bisa menjadi solusi permasalahanmu.

    Baca juga: Event Online untuk Tingkatkan Strategi Marketing

    spot_img

    Latest articles

    Related articles

    spot_imgspot_img
    spot_img