Digital Marketing dan Ide Strategi – Tren untuk memulai bisnis startup memang sedang diminati oleh banyak orang di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Berdasarkan data Startup Ranking, Indonesia sudah memiliki lebih dari 2.192 perusahaan startup, dan menempati urutan kelima dunia setelah Kanada. Terlepas dari itu, meluncurkan sebuah startup bisa dibilang merupakan perjalanan pahit manis yang penuh tantangan. Bukan hal mudah untuk berjibaku dalam kerasnya kompetisi pasar yang kian sulit untuk diprediksi. Tidak setiap startup mampu untuk membuat perencanaan marketing lengkap, karena terkendala beberapa hal utamanya dari segi dana.

Pesatnya perkembangan teknologi seakan membawa angin segar bagi pelaku startup. Munculnya digital marketing mengguncangkan dunia karena keefektivitasnya dalam menjangkau konsumen secara daring. Terlebih lagi, digital marketing membutuhkan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan cara tradisional marketing.  Lalu, bagaimana digital marketing membawa kesuksesan terhadap suatu bisnis? Berikut adalah beberapa ide strategi digital marketing yang patut diikuti oleh pelaku bisnis startup:

Penggunaan media sosial

Data tahun 2019 oleh We Are Social menyatakan, Indonesia memiliki 150 juta pengguna media sosial aktif yang meningkat 15% dibandingkan tahun 2018. Bukankah data ini memaparkan betapa luasnya lahan digital marketing dengan pemanfaatan media sosial? Media sosial bisa meningkatkan exposure dan membangun awareness akan produk Anda. Media sosial marketing juga bisa mendatangkan Anda konsumen loyal, yang diam-diam bisa menjadi opinion leader yang dapat menggerakkan pasar. Peluang marketing dalam Youtube yang masih memegang peringkat teratas, patut untuk Anda manfaatkan sebaik mungkin. Namun, Anda tetap perlu memantau perubahan tren yang sedang terjadi di pasar. Sebut saja Tik Tok yang mulai digilai banyak kalangan. Sebuah peluang bagus, yang harus dieksekusi segera sebelum pasar berubah kembali.

Baca Juga: Menghasilkan Jutaan Rupiah Dari Bisnis Startup

Konten Unik

Sudah lumrah jika konten marketing adalah satu hal dasar yang mampu menggaet perhatian konsumen Anda secara daring. Melalui konten, Anda bisa membagikan informasi seputar produk, atau hal-hal lain yang berhubungan seperti halnya tips dan trik, atau tutorial. Apapun konten yang akan Anda buat, tentu saja harus disesuaikan dengan relevansi kebutuhan target audiens. Buat konten yang khas dan unik dengan mempertimbangkan kata kunci yang terkait. Ini berfungsi untuk mendongkrak laju traffic sehingga konten Anda berada dalam hasil pencarian teratas dan lebih mudah ditemukan oleh audiens.

Baca Juga: Menyusun Strategi Pemasaran Untuk Startup Pemula

Email marketing

Seringkali diremehkan, nyatanya email masih menjadi aspek penting untuk menunjang keberhasilan digital marketing. Dalam survey di awal 2020 oleh Data & Marketing Association (DMA), email marketing memiliki Return of Investment (ROI) sekitar 122%.

Keberhasilan email marketing ditentukan oleh teknik yang Anda gunakan. Seperti subjek yang mudah diingat, isi email yang persuasif, dan masih banyak lagi.

Mempelajari digital marketing pastinya wajib memahami core untuk menjalankannya. Pastinya semua membutuhkan waktu, begitu juga Anda.

Salam Digitizer