Startup dan digital marketing adalah rekanan baik yang saling melengkapi. Dengan digital marketing, startup dapat mencapai target audiens dengan jangkauan luas dan lebih efektif. Website adalah salah satu media yang digunakan dalam pengelolaan digital marketing.

Website menjadi media tepat untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi dengan konsumen, dan hal-hal lainnya. Kesuksesan sebuah website bisa dilihat dari jumlah pengunjung atau biasa disebut traffic. Semakin tinggi traffic, maka semakin tinggi juga peluang marketing Anda berhasil. Sebagai pelaku bisnis pemula, tidak jarang pelaku startup merasa website mereka memiliki sedikit dan bahkan sepi pengunjung, padahal sudah menyusun strategi marketing sedemikian rupa agar website selalu aktif.  Sebelum penasaran lebih jauh, berikut beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan untuk meningkatkan traffic pada website Anda.

Baca Juga: Website Mobile-Friendly Penting untuk Bisnis

Sasaran pangsa pasar

Sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali dan pahami tentang siapa pangsa pasar atau audiens Anda. Semakin kenal dan paham Anda dengan mereka, Anda akan semakin memahami karakteristik model marketing yang cocok diterapkan selanjutnya. Contoh sederhananya, jika sasaran pangsa pasar Anda adalah kalangan para pengusaha, bukan lagi Instagram, melainkan Linkedin marketing yang harusnya Anda gunakan sebagai media marketing bisnis Anda. Jika strategi media sosial Anda berhasil, ditambah media sosial perusahaan juga terkoneksi dengan website, secara tidak langsung traffic website perusahaan juga akan meningkat.

Konten menarik

Memang terkesan subjektif karena tidak ada ukuran pasti apakah sebuah konten dikatakan bagus atau tidak. Konten yang jelas, informatif, unik, dan persuasif sudah pasti akan menarik minat banyak pengunjung. Konten yang bagus harus diciptakan sambil memahami siapa target audiens yang akan dituju. Dengan begitu, audiens akan merasa adanya relevansi dan keterikatan dengan konten yang Anda buat. Jangan lupakan SEO (Search Engine Activation) dalam setiap konten yang Anda buat. SEO memegang peranan penting supaya website startup Anda mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencarian. Selanjutnya menjadi penting untuk bisnis Anda supaya memiliki keyword research. Ini adalah langkah cerdas yang akan digunakan dalam pemaksimalan website startup Anda.

Analisis secara reguler dan teratur

Sering diremehkan memang, tapi analisis secara reguler dan teratur bisa menjadi ide yang sangat bagus untuk kemajuan startup Anda. Menilik insight di media sosial atau mungkin mengecek Google Analytics adalah beberapa hal yang seharusnya bisa menjadi bahan untuk analisis sejauh mana efektifitas digital marketing berjalan sejauh ini. Strategi mana yang bisa terus digunakan, diperbaiki sana-sini, atau malah harus diganti total. Dengan demikian Anda dapat menjaga dan bahkan meningkatkan traffic pada website Anda. Tren selalu up-to-date, begitu juga dengan strategi marketing Anda. Jangan mau tertinggal karena merasa sudah nyaman saat diam-diam perubahan besar akan datang di esok hari.

Siap untuk memulai perbaiki website startup Anda? Jangan lupa selalu cek tren terbaru untuk mengisi konten website Anda.

Salam Digitizer