Perang Diskon di Marketplace ― Momen Natal dan Tahun Baru di bulan Desember ini menjadi event yang ditunggu para pelanggan marketplace. Tak kalah popular dengan 12.12, perang diskon penghujung tahun ini pun kerap menggiurkan pelanggan. Strategi ini diterapkan oleh Shopee dan Tokopedia, misalnya.

Shopee sejak tanggal 21 Desember lalu gencar membagikan kampanye tentang Year End Sale. Pesat diskon ini berlangsung pada periode 21 – 31 Desember 2020. Adanya kampanye ini bermula dari suksesnya 12.12 Birthday Sale mereka.

Promosi Year End Shopee dan Tokopedia

Ada tiga jenis promosi yang ditawarkan Shopee, antara lain Gratis Ongkir Xtra, Cuci Gudang diskon hingga 90%, dan hadiah emas setiap hari. Hadiah emas tersebut didapatkan dari memainkan Shopee Candy pada periode 21 – 31 Desember 2020.

Selain Year End Sale tersebut, Shopee juga memberikan kampanye menarik lainnya. Ada pula kampanye New Year Sale yang digelar pada 1 – 17 Januari 2021. Puncak dari diskon tahun baru ialah pada 1 Januari 2021. Pelanggan bisa mendapatkan beragam penawaran, seperti Gratis Ongkir, cashback hingga Rp 111 ribu, dan flash sale Rp 11 ribu.

Tak kalah dari Shopee, salah satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia juga menghujani banyak kampanye diskon di Desember 2020 dan Januari 2021. Menjelang akhir tahun, Tokopedia mengumumkan lima kategori paling popular. Terdapat peningkatan di beberapa kategori, salah satunya Makanan dan Minuman. Hal tersebut disampaikan oleh External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Baca Juga: 3 Manfaat Instagram Live untuk Brand Anda

Selain itu, kategori kesehatan juga menjadi kategori paling popular menjelang akhir tahun. Mengingat kondisi pandemi yang masih belum mereda, tentunya membuat banyak orang masih memperketat proteksi kesehatan mereka. Kondisi pandemi juga mendorong masyarakat untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku. Hal ini berdasarkan peningkatan kategori Buku di Tokopedia yang mencapai 2,5 kali lipat.

Shopee dan Tokopedia, sebagai pemimpin marketplace di Indonesia sangat memanjakan pelanggannya dengan beragam diskon. Ada beragam voucher yang bisa pengguna klaim untuk digunakan pada transaksi mereka. Pesta diskon ini pun dapat Anda terapkan untuk toko online milik Anda.

Berikan pelanggan Anda voucher diskon. Bisa berupa potongan harga atau gratis ongkos kirim. Jika Anda memiliki toko di marketplace, Anda bisa memanfaatkan fitur voucher. Namun jika Anda membuka toko online di media sosial, ada kampanye potongan harga dan gratis ongkir di periode tertentu untuk pelanggan setia Anda.

Bagaimana? Sudah siap membuat promo, Digitizers?

Salam Digitizers,