Instagram Live dan Manfaatnya untuk Brand ― Media sosial Instagram kini ramai dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Banyak anak muda yang memulai bisnis online shop mereka di platform ini. Anda salah satunya?

Fitur-fitur Instagram untuk menunjang bisnis pun disediakan. Oleh karena fungsi awalnya ialah media jejaring sosial, maka platform ini fokus untuk mengembangkan interaksi. Mulai dari fitur IG story, IG TV, dan live. Semua ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi antara brand dengan konsumennya.

Agar brand Anda dan pelanggan bisa dekat, maka Anda perlu berinteraksi dengan mereka. Ketahui apa yang mereka sukai, diskusi ringan dan lain-lain. Tujuannya adalah agar brand dan produk/jasa Anda dikenal oleh mereka. Menjadi top of mind di benak target konsumen Anda. Salah satu caranya ya melalui Instagram live ini. Manfaat lainnya apa?

Meningkatkan engagement

Melalui fitur ini, brand bisa berbincang dengan masyarakat. Hal ini yang dicari oleh mereka. Inti dari melakukan Instagram Live ialah menciptakan interaksi dua arah. Percakapannya bisa berupa pertanyaan, kritik atau saran dari masyarakat ke brand Anda. Kemudian brand dapat meresponnya secara real time. Dengan begitu, kesan bahwa brand Anda peduli dengan pertimbangan mereka menjadi nilai positif yang membuat mereka memilih brand Anda.

Baca Juga: 3 Fitur Instagram Penunjang Bisnis

Memberikan visibility pada brand

Ketika fitur live ini dilakukan, maka pengikut akun Anda akan mendapatkan notifikasi. Baik saat live dimulai dan ketika berakhir. Selain itu, di bagian deret Instagram story, akun yang melangsungkan live akan berada di urutan dua dari kiri. Hal tersebut membuat akun Anda semakin mudah terlihat dan ditemukan oleh pengguna.

Bersifat autentik

Interaksi dua arah yang terbentuk saat melakukan live ini memberikan kesan brand transparan terhadap informasi. Hal tersebut tentunya sangat disukai oleh target pelanggan. Dengan begitu, kedekatan dan relevansi dengan pelanggan pun semakin kuat.

Demikian tiga manfaat Instagram live untuk brand yang bisa Anda terapkan. Lakukan secara berkala dan terencana, sehingga tingkat interaksi dengan pelanggan semakin erat. Buatlah konsep live dengan jelas, sehingga audiens yang ikut serta pun bisa menikmati sesi tersebut. Sudah siap?

Salam Digitizers,