Fitur Instagram 2020 ― Siapa yang tidak mengenal Instagram saat ini? Platform berbagi foto dan video ini menjadi ramai digunakan untuk beragam keperluan. Mulai dari akun pribadi hingga bisnis. Nah, banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan lho Ketika menggunakan media sosial ini untuk bisnis. Apa saja? Simak terus ulasan berikut ini.

Stiker

Ya, salah satu fitur yang ada dalam platform ini adalah stiker. Anda bisa menemukannya Ketika akan mengunggah Instagram Story. Stiker yang ada pun beragam. Mulai dari GIF, mention, lokasi, polls, hashtag, hingga support small business. Fitur stiker support small business bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan akun Instagram bisnis pada khalayak luas. Apabila Anda seorang influencer, manfaatkan fitur stiker ini untuk menyebutkan akun bisnis yang produknya Anda promosikan. Orang-orang yang melihat Instagram Story Anda akan lebih mudah menemukan toko online tersebut.

Stiker lokasi juga dapat membantu audiens Anda menemukan petunjuk arah menuju toko offline Anda. Untuk itu, pastikan lokasi toko Anda sudah terdaftar di Google Maps ya! Siapa tahu calon pelanggan Anda tertarik untuk mengunjungi toko Anda? Ini tentu akan sangat membantu. Cocok nih untuk Anda yang memiliki bisnis café atau coffee shop.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Paid Promote, Endorse, dan Instagram Ads

Pesan makanan

Fitur ini SANGAT BERMANFAAT untuk Anda yang menekuni bisnis makanan atau minuman. Sekilas informasi, fitur ini terhubung dengan platform GrabFood atau GoFood di mana Anda menjadi salah satu merchant. Dengan begitu, Anda bisa memudahkan pelanggan dalam memesan produk makanan atau minuman Anda. Di mana fitur ini muncul?

Fitur ini akan muncul di laman Instagram Story Anda. Jadi ketika Anda akan mengunggah Instagram Story, misalnya mempromosikan menu baru, Anda bisa menambahkan stiker pesan makanan ini. Karena terhubung langsung dengan layanan pesan antar, pelanggan akan merasa lebih dimudahkan. Untuk Langkah-langkah pengaturannya, Anda bisa cek di sini ya!

Insight dan unduh data

Naaaah, ini nih yang PENTING untuk Anda. Bisnis juga perlu investasi, Digitizers! Jadi, jangan lupa untuk melihat data insight akun bisnis Anda ya! Data yang bisa Anda dapatkan seputar pertumbuhan pengikut, konten, impresi, jangkauan, respon hingga jam-jam audiens Anda aktif. Anda bisa mengolah data ini untuk melakukan evaluasi dan perencanaan konten. Bisa juga untuk perencanaan promo yang akan Anda buat.

Selain itu, ada fitur baru berupa unduh data. Anda bisa mengunduh beragam data mulai dari unggahan, caption, pesan, hingga hasil pencarian dan pengaturan. Untuk menggunakan fitur ini terbilang mudah. Anda hanya perlu masuk ke bagian data download dan masukkan email. Selanjutnya tunggu Instagram menyiapkan data yang Anda minta. Anda dapat menerima data ini melalui email dalam kurun waktu 48 jam.

Demikian sedikit informasi seputar fitur Instagram untuk menunjang bisnis Anda di ranah online. Ingat untuk selalu semangat menekuni bisnis Anda ya! Manfaatkan media sosial ini untuk menunjang kebutuhan promosi dari bisnis Anda. Beragam fitur keren bisa Anda gunakan. Instagram terus melakukan inovasi, terlebih untuk para pengguna dengan keperluan bisnis. Ada yang menemukan fitur lain di Instagram? Yuk, explore sama-sama! Bagikan pendapat Anda di kolom komentar ya untuk diskusi seputar bisnis digital, terutama dengan Instagram!

Salam Digitizers