TikTok Ads untuk Bisnis ― Dewasa ini, siapa yang tidak mengenal platform berbagi video ini. Ya, TikTok menjadi tren media baru bagi generasi muda. Sebagai pengusaha, Anda perlu mengetahui tren ini. Terlebih jika target pelanggan dari bisnis Anda adalah anak-anak muda. Menyelami platform TikTok menjadi pilihan.

Bagaimana menjangkau pelanggan mud aini di TikTok? Selain melalui cara organik―seperti membuat hashtag challenge, deskripsi singkat yang menarik hingga mengikuti tren―ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Untuk dapat menjangkau audiens yang lebih luas, Anda bisa memanfaatkan TikTok ads.

Mengapa harus TikTok Ads?

Menurut data dari Hootsuite, jumlah pengguna TikTok ini terbilang masif. Setiap bulannya ada sekitar 800 juta pengguna lho! Tentunya hal ini saying untuk Anda lewatkan begitu saja. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 1,5 milyar kali. Selain itu, TikTok juga merupakan aplikasi terpopuler keenam berdasarkan jumlah pengguna tiap bulannya.

Untuk itulah mempertimbangkan beriklan di platform TikTok menjadi opsi penting. Apabila Anda memiliki target pelanggan generasi muda yang selalu up to date dengan tren terkini, maka Anda pun perlu mempelajari minat mereka. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa dekat antara brand Anda dengan mereka.

Baca Juga: TikTok Luncurkan Platform Beriklan untuk UMKM

Sebelum beriklan di TikTok, ketahui hal ini dahulu

Berbeda dengan Facebook dan Instagram yang memiliki akun bisnis terintegrasi. Di TikTok, Anda perlu membuat akun khusus untuk iklan. Ya, akun regular dan iklannya terpisah. Jadi Langkah awal yang perlu Anda lakukan ialah membuat akun iklan di TikTok. Apabila Anda menemui kendala, beritahu tim TikTok segera.

Tak hanya itu, ada beberapa istilah dalam TikTok ads yang perlu Anda ketahui. Tujuannya tentu saja supaya tidak bingung ketika akan menentukan di mana letak iklannya. Apa saja yang perlu diketahui?

  • In-Feed Video. Iklan Anda akan muncul di bagian halaman For Your Page.
  • Brand Takeover. Tempatnya ialah di awal saat Anda membuka aplikasi TikTok. Iklan Anda akan muncul seperti pop up screen yang berlangsung selama beberapa detik. Kemudian pengikut Anda bisa menemukannya di In-Feedd Video.
  • Hashtag Challenge. Iklan Anda akan muncul di laman Discovery. Dengan begitu, para pengguna TikTok akan tergerak untuk mengikuti tantangan seru tersebut. Semakin banyak orang yang mengikuti tantangan ini, konten iklan Anda semakin viral.
  • Branded AR Content. Jika memilih iklan jenis ini, maka akan berupa stiker atau konten 2D/3D/AR yang bisa digunakan para pengguna untuk mengunggah konten videonya.
  • Custom Influencer Package. Iklan ini berupa konten yang diunggah oleh influencer dalam mempromosikan produk Anda.

Merasa akrab dengan beberapa hal di atas? Ya, Anda bisa melakukannya di media sosial seperti Instagram. Anda bisa melakukan hal yang sama di TikTok ads. Beriklan melalui platform TikTok atau bekerjassama dengan influencer. Tentunya hal ini perlu Anda lakukan dengan perencanaan konsep yang matang dan budget yang memadai. Selamat mencoba!

Salam Digitizers