tiktok marketing

TikTok meluncurkan platform self-serve Tiktok for Business yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana beriklan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mengingat  Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi secara global berdampak signifikan terhadap sektor bisnis, sehingga perlu strategi ekstra untuk terus meningkatkan online presence dan interaksi dengan audiens agar usaha tidak mandek.   

TikTok merupakan jejaring sosial berbasis video yang terus menunjukkan perkembangan pesat sejak awal kemunculannya di 2016. Ini adalah salah satu platform yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik dan disertai musik, filter, atau fitur kreatif lainnya. Menurut data analitik SensorTower, aplikasi TikTok telah diunduh sebanyak 740 juta pada 2019 dan menjadi aplikasi yang banyak diunduh kedua di dunia. Dengan pengguna aktif berjumlah 625 juta secara global, TikTok dinilai menjanjikan sebaga salah satu media pemasaran digital sehingga dapat meningkatkan brand awareness hingga menjangkau target market yang luas. 

Melalui platform terbaru Tiktok for Business ini, pengusaha UMKM bisa menjangkau audiens yang tepat dengan beberapa kemudahan, di antaranya adalah:

Creative Tools

TikTok dikenal sebagai jejaring sosial yang penuh akan kreativitas penggunanya. Tools ini adalah serangkaian alat yang memungkinkan pemasar merasakan kreativitas dan orisinalitas komunitas TikTok, lengkap dengan Video Creation Kit, Smart Video Soundtrakck, dan TikTok Adstudio yang akan berguna ketika menceritakan kisah produk atau layanan mereka.

Baca juga: 3 Cara Manfaatkan TikTok untuk Strategi Marketing

Flexible Budgets

TikTok for Business dirancang untuk memungkinkan perusahaan dari berbagai level dan kategori dapat menyesuaikan pengeluaran mereka kapan saja. Dengan sasaran utama UMKM, hal ini tentu akan berguna.

Performance Targeting

Dalam beriklan, target audiens adalah emen yang penting agar tujuan dapat tercapai. Melalui penargetan cerdas ini, Tiktok for Business memberikan kemudahan kepada pelaku usaha sehingga memungkinkan audiens yang tepat dan audiens baru untuk menemukan bisnis Anda.

Business Account

Memiliki akun bisnis itu penting karena brand akan lebih mudah ditemukan. TikTok juga memfasilitasi ini, yakni akun bisnis yang dapat memberikan wawasan statistik atau alat tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis seperti analisa keterlibatan dan performa terhadap audiens.

“Format video singkat dan komunitas TikTok yang terkenal akan kreativitas memberikan peluang bagi berbagai bisnis dan usaha, termasuk UKM, untuk menggaet pasar yang lebih dinamis serta pemasarannya yang lebih efektif dan interaktif,” ucap Pandhu Wiguna, Direct Sales Leader, TikTok Indonesia dalam acara peluncuran TikTok for Business melalui virtual meeting pada Jumat (10/7/2020)

Baca juga: Mengenal Apa Itu TikTok Marketing

Selain meluncurkan platform self-serve, TikTok juga meluncurkan program Back-to-Business sebagai bentuk komitmen mereka untuk mendukung pelaku UMKM di tengah pandemi. Melalui program ini, para pelaku usaha akan berkesempatan untuk beriklan di TikTok dengan kredit sebesar 300 dolar AS dan bisa digunakan hingga 31 Desember 2020.