mobile friendly

Website Mobile-Friendly merupakan website yang dirancang untuk dapat ditampilkan pada layar atau perangkat yang lebih kecil seperti pada smartphone atau tablet. 

Hampir seluruh orang di dunia baik muda atau tua mengenal dan memahami penggunaan beragam perangkat dari komputer, laptop, atau tablet serta smartphone. Website yang tampil di layar komputer dan laptop secara umum tidak diformat untuk tampilan ponsel. Namun demikian, masih banyak pebisnis yang tidak menyadari bahwa website mobile-friendly dapat berpengaruh pada bisnis yang mereka rintis.

Baca Juga: Tips Membuat Storytelling untuk Bisnis

Riset google menyatakan, 77% pencarian dengan smartphone dilakukan di rumah. Sedangkan 17% sisanya saat menggunakannya saat bepergian. Artinya pengguna akan cenderung menggunakan internet mereka melalu smartphone saat berada di rumha. Alasannya adalah pencarian melalui smartphone lebih cepat serta nyaman ketimbang menggunakan PC atau notebook.

Riset juga menyatakan bahwa 30% pengguna mengunjungi website dengan ponsel, 57% mengunjungi toko offline. Selanjutnya 51% melakukan pembelian. Selain itu, 39% pengguna menelpon melalui pencarian di smartphone mereka.

Seperti Apa Website Mobile-Friendly?

Desain pada website mobile-friendly nantinya dapat memberi informasi yang tampil seperti pada website bisnis Anda. Mulai dari jenis teks, gambar, video, serta link. Semua elemen tersebut dapat diakses pada layar smartphone atau tablet layaknya pada website yang tampil di dekstop.

Pembuatan website pada desktop PC tidak berlaku pada ponsel. Website harus disesuaikan dengan ukuran layar yang lebih kecil dengan konten yang mobile-friendly seperti navigasi yang mobile-friendly, proses download yang cepat, dan halaman serta tombol yang mudah digunakan.

Selain itu, saat Anda mengubah website untuk penggunaan layar yang lebih kecil, kenali tiga perbedaan dasar smartphone serta dekstop, yakni  ruang yang terbatas dan penggunaan kata kunci yang tepat. Sebenarnya penggunaan kata kunci juga berlaku pada website desktop.

Baca Juga: Kutipan Sebagai Strategi Bisnis Instagram Anda

Mengapa mobile-friendly penting bagi bisnis Anda?

Melihat riset yang ada bahwa pengguna lebih menyukai melakukan pencarian melalui samrtphone ketimbang laptop atau PC. Ditambah lagi saat ini gencar dilakukan Work From Home akibat pandemi. Tak ada salahnya Anda segera beralih ke website mobile-friendly.

Keunggulan website mobile-friendly juga banyak. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan visibilitas pencarian, dapat menambah daftar kilen yang dapat diprospek, meningkatkan pengalaman pengguna, serta meningkatkan merek dagang bisnis Anda.

Jika dirasa mengalihkan website tradional ke website mobile menyulitkan. Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan digital marketing agar memperoleh informasi yang lebih detail.

Siap mengembangkan bisnis Anda, Digitizer?