Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengulas sedikit mengenai Instagram Reels. Bagaimana populernya fitur baru ini. Namun bagi para pengusaha yang terjun dan menekuni sosial media, penting mengetahui bagaimana melakukan optimasi Instagram Reels supaya konten tersebut menarik dan mengundang leads.

Sebagai pemilik sebuah usaha, Anda pastinya sudah memahami hal ini. Bahwa pembuatan konten untuk media sosial, terutama yang ditujukan untuk bisnis, penting untuk dipikirkan. Perlu dibuat perencanaan matang dan ada tujuannya untuk bisnis Anda.

Begitu pula untuk menentukan media sosial serta fitur apa saja yang akan digunakan. Nah, penasaran dong bagaimana sih cara kerja Instagram Reels? Siapa tahu, dengan menguasai hal ini, Anda bisa melakukan optimasi Instagram Reels yang berguna untuk bisnis ke depannya.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui ialah bagaimana cara Instagram meranking Reels. Tak perlu bingung, karena ada informasi resmi yang dirilis oleh pihak Instagram akan hal ini.

Reels dihadirkan untuk menghibur penggunanya. Layaknya di explore, semua konten yang muncul bukanlah dari akun yang akun Anda ikuti. Dengan kata lain, cara Instagram meranking Reels ialah berdasarkan konten yang diminati atau disukai oleh penggunanya. Kemudian jenis konten tersebut direkomendasikan.

Baca Juga: Instagram Reels Resmi Rilis di Indonesia, Ini Beberapa Info Tentangnya!

Hal utama yang mendasari ranking Instagram Reels adalah berapa lama seseorang menonton Reels. Selain itu, tindakan apa yang terjadi setelah menonton Reels tersebut juga menjadi dasar ranking. Nah, terkait hal ini ada 4 hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Perhatikan Aktivitas Pengguna

Ya, Instagram akan melihat Reels mana yang seseorang sukai, komen dan muncul interaksi dalam waktu terdekat. Sinyal ini dimaksudkan untuk mengetahui konten apa yang relevan untuk seorang pengguna. Sehingga, antara pengguna satu dan yang lainnya bisa saja berbeda.

Sejarah Interaksi dengan Akun yang Mengunggah Reels

Seperti yang terjadi di explore, semua tindakan interaksi terhadap konten Reels akan terekam oleh Instagram. Data tersebut akan menjadi dasar untuk rekomendasi konten sejenis yang relevan. Konten Reels dari akun yang Anda sukai pun juga bisa ditampilkan lebih sering.

Optimasi Instagram Reels Melalui Informasi di Dalamnya

Apa sih yang perlu diperhatikan? Konten Reels memiliki bagian berupa aspek audio dan visual. Mengemas video Reels dengan musik yang sedang booming saat ini dan visual menarik bisa mengundang banyak orang untuk menonton.

Baca Juga: 3 Fitur Instagram Penunjang Bisnis

Siapa yang Posting Reels

Instagram memperhitungkan popularitas untuk memahami konten Reels mana yang menarik untuk banyak orang. Konten tersebut kemudian dapat memberikan kesempatan pada siapa saja untuk pengguna-pengguna lain, termasuk Anda, menampilkan Reels yang telah dibuat kepada audiens tertarget.

Ada hal lain yang perlu Anda ketahui. Bahwa Instagram tidak akan merekomendasikan Reels dengan resolusi rendah, terdapat watermark logo apapun, konten terkait politik, dan yang melanggar panduan komunitas. Apabila Anda menemui kesulitan dalam optimasi Instagram Reels, silakan menghubungi konsultan digital marketing terdekat.

Salam Digitizers