Search: Google

Miscrosoft merilis pernyataan tentang penutupan windows 7 pada 14 Januari 2020. Secara tidak langsung, usia windows 7 tinggal beberapa bulan kedepan. Windows 7 “pamit” setelah 10 tahun dikenalkan di masyarakat. Jika kalian masih pengguna windows 7, segera upgrade perangkat komputer ke sistem yang lebih baru.

Pemberitahuan muncul melalui situs resminya, Miscrosoft menyatakan tidak lagi memberikan dukungan lagi ke windows 7. Termasuk pada sistem keamanannya, sehingga windows 7 lebih mudah menjadi target kejahatan dan terserang malware. Miscrosoft menyuruh pengguna mulai beralih ke sistem operasi terbarunya, windows 10.

Sebelumnya pengumuman rencana penutupan windows 7 sudah dikeluarkan sejak Januari 2017. Sampai menawarkan tidak memungut biaya untuk proses upgrade ke windows 10. Sayangnya informasi tidak terdengar di masyarakat, dan memilih menetap menggunakan windows 7. Terutama pengguna di kalangan usaha kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: WhatsApp Pay, Ketahui Cara Penggunaannya Sebelum Hadir di Indonesia

“Windows 7 sudah ketinggalan zaman dan usang. Tidak cocok menggunakannya di perkembangan teknologi yang semakin canggih ini. Terutama pada sistem keamanannya mulai rentan dan mengurangi resiko kerugian bagi perusahaan,” tulis Miscrosof di laman.

“Kami tahu bahwa perubahan bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, itulah mengapa kami memberi tahu lebih awal agar Anda bisa mem-backup dokumen Anda dan bersiap untuk hal berikutnya,” lanjutnya.

Meskipun dukungan keamanannya akan dihentikan, Microsoft tetap membantu pengguna untuk beralih ke Windows 10. Perusahaan ini menawarkan akan memberi dukungan tambahan secara tidak cuma-cuma. Dukungan tersebut ditujukan bagi pelaku bisnis atau perusahaan besar membutuhkan sistem operasional windows 7.

Bahkan memasang harga cukup mahal sekitar 25 dollar AS (Rp 350.000) per tahun untuk setiap komputer. Fasilitas yang ditawarkan yaitu mengupdate sistem kemanan Windows 7 untuk kalangan pengusaha setelah 14 Januari 2020-14 Januari 2021. Selanjutnya, harga berangsur naik menjadi 50 dollar AS (Rp 700.000) per komputer dalam peridoe 2021-2022, 100 dollar AS (Rp 1,4 juta) per komputer di 2022-2023.

Sebenarnya ,dukungan resmi Microsoft untuk Windows 7 sudah berakhir sejak 2015 lalu. Hanya diperpanjang sampai 2020 karena sistem operasinya termasuk basis pengguna yang besar. Tahun ini, Miscrosoft serius untuk menutup usia windows 7 dan meminta pengguna beralih ke windows 10.