whatsapp pay

Metode pembayaran non tunai atau digital dikabarkan akan segera dihadirkan WhatsApp untuk dinikmati para penggunanya. WhatsApp Pay diumumkan usai Facebook merambah ke mata uang kripto. Sebelumnya metode ini telah pertama kali diuji di India sejak tahun 2018. Jika anda adalah pengguna Whatsapp mungkin ini adalah hal yang menguntungkan, pasalnya WhatsApp Pay akan memberikan kemudahan dalam transfer uang seperti halnya mengirim chat dan foto melalui WhatsApp.

Sama seperti dengan yang dilakukan di India, WhatsApp Pay juga akan bekerjasama dengan layanan dompet digital yang ada di Indonesia. Kabarnya pula saat ini hal tersebut dalam tahap perbincangan dengan beberapa layanan dompet digital tersebut. Sebut saja seperti, Ovo, DANA, dan Gojek (Gopay). WhatsApp Pay kabarnya akan hadir di Indonesia pada akhir tahun 2019 atau di awal tahun 2020.

Baca Juga :Kemudahan Bisnis Digital Dengan PopStar

Untuk menggunakan WhatsApp Pay ini ada cara penggunaannya. Memang belum resmi hadir di Indonesia, namun tidak ada salahnya bagi anda untuk mengetahui lebih dulu cara menggunakan metode pembayaran yang satu ini.

  • Update WhatsApp Versi Terbaru.

Bagi beberapa orang yang telah mencobanya akan lebih dulu mengikuti program beta lalu kemudian install aplikasi WhatsApp terbaru. Setelah berhasil nantinya pengguna dapat langsung masuk ke fitur terbaru tersebut dan fitur itu nantinya akan terlihat pada menu pengaturan WhatsApp.

  • Verifikasi.

Setelah berhasil melakukan tahap pertama pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi. Verifikasi akan dilakukan dengan menggunakan nomor telepon melalui SMS dan terakhir akan diminta untuk memilih bank yang akan dituju.

Baca Juga : Kalangan Milenial Mulai Tertarik Jadi Investor Fintech

  • Mudah Seperti Mengirim Chat dan Foto.

Akan ada opsi untuk memilih pembayaran pada layar WhatsApp. Seperti halnya berbagi foto, dokumen, lokasi di kolom chat, nantinya pengguna dapat memilih kontak yang akan digunakan untuk mengirim uang.

Kemudian pilihlah akun bank anda dan penerima, selanjutnya masukan nominal uang yang akan di transfer, dan terakhir masukan pin UPI anda. Jika semua sudah dilakukan dengan benar uang anda akan langsung terkirim secara virtual ke penerima.

  • Proses Transaksi Terekam.

Tidak perlu takut tidak mendapatkan bukti transaksi, WhatsApp Pay akan memberikan bukti transaksi pada opsi history. Kedepannya versi beta ini akan dikembangkan lagi untuk memberikan kemudahan dalam transfer uang secara digital ketika sudah dinyatakan resmi untuk digunakan secara luas untuk pengguna.

Baca Juga : Strategi Marketing Digital Penulis Novel Melalui Wattpad