IMEI berisikan kode unik yang terdiri dari deretan angka sebanyak 15 hingga 16 digit. Barisan angka yang tertera pada handphone seringkali diacuhkan oleh penggunanya. Padahal, disitulah inti dari sebuah ponsel dimana identitas kita tersimpan . Hal itulah yang kemudian mendorong pemerintah menetapkan aturan IMEI. Pemerintah bertujuan untuk memonitor penggunaan ponsel pintar di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga ingin mengontrol perdagangan ponsel pintar yang perputarannya sangat cepat di Indonesia.

Baca Juga: Artificial Intelligence Untuk Efektivitas Bisnis Online

Kementerian Komunikasi Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan sedang menggodok peraturan ini. Bulan depan mereja akan meluncurkaan aturan tentang program penerapan validasi database nomor identitas asli. Lalu, apakah peraturan ini membawa dampak yang baik bagi pengusaha elektronik berbasis internet?


IMEI Berdampak Positif Terhadap Kestabilan Harga


Meskipun ponsel dikenalkan sebagai barang yang tergolong dalam kebutuhan tersier, nyatanya demand masyarakat tinggi. Persaingan harga ponsel di e-commerce sangatlah sengit. Pedangan online ini menawarkan harga yang bervariatif bahkan cenderung banting harga. Tak sedikit dari mereka berani menawarkan dengan harga murah karena mendapat pasokan dari Black Market. Mereka mendatangkan barang baru ataupun second-hand dari luar negeri, lalu dijual dengan harga miring. Inilah yang menyebabkan harga ponsel di pasaran tidak stabil dan berdampak ke kebutuhan lainnya. Jika ditinjau dari sudut pandang ini, maka aturan ini bijak untuk diterapkan.

Baca Juga: Auto-reply for Whats, Aplikasi Balas Pesan WhatsApp Otomatis


Apakah Ada Dampak Negatifnya?


Jika ada positif maka akan ada negatifnya. Peraturan tersebut membantu kestabilan pasar nantinya. Namun, mengingat praktik perdagangan ini cukup luas tersebar. Maka, bisa saja ponsel yang Anda gunakan untuk berbisnis IMEI-nya tidak terdaftar disini. Alhasil, Anda tidak bisa melakukan panggilan bisnis maupun mengakses internet.

Baca Juga: 5 Kelebihan Bekerjasama dengan Micro Influencer

Lantas apa yang bisa dilakukan agar tetap terhubung? Tetap tenang, pemerintah tidak serta merta mematikan koneksi Anda. Akan ada transisi dan sosialisasi dari pemerintah untuk konsumen. Sembari menjalankan perpindahan, Anda bisa mulai menciccil untuk memindahkan data klien ke ponsel yang memiliki IMEI terdaftar.


Ada pro, namun juga banyak kontra berdatangan terhadap peraturan ini. Meskipun kabarnya masih simpang siur, jangan lupa untuk mengecek IMEI ponsel Anda!