Kini Instagram semakin ramai dan didapuk sebagai platform bisnis yang mumpuni. Contohnya saja sebagai etalase toko daring untuk pasarkan produk Anda. Namun, beberapa waktu terakhir ini , para pengusaha yang menggunakan instagram merasa resah. Kenapa? Hal ini terjadi karena jangkauan Instagram mereka sedikit. Tak hanya itu, mendapat pengikut pun semakin sulit. Lalu, bagaimana potensi Instagram sebagai platform jualan online tahun ini?

Banyak pengusaha bertanya apakah Instagram mulai ditinggalakan oleh para penggunanya. Melihat banyak generasi muda mulai beralih menggunakan video di TikTok. Bagaimana dengan Anda?

Sekilas Info Riset Instagram 2021

Dilansir dari Hootsuite dan Wesocial, di tahun 2021 ini Indonesia memiliki potensi yang baik dalam kegiatan digital. Riset tersebut mengungkapkan 202,6 juta pengguna di Indonesia aktif dalam menggunakan internet. Artinya, 73,7% dari populasi negeri ini merupakan pengguna aktif internet?

Apakah semua pengguna Instagram?

Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 85 juta orang merupakan pengguna platform Instagram ini. Jadi sekitar 41,9% dari total jumlah pengguna internet di Indonesia.

Baca Juga: 3 Fitur Instagram Penunjang Bisnis

Bagaimana dengan bidang industri bisnis?

Sebuah riset menarik dari Rival IQ mencoba membuktikan bagaimana platform media sosial ini dilakukan di bidang fesyen, F&B, edukasi, hingga finansial.

Pada bidang fesyen, data riset ini mengungkapkan jika interaksi yang ditampilkan lebih dari baik. Artinya dengan engagement rate sebesar 0,51%, Instagram berhasil unggul dari Facebook dan Twitter. Perlu diketahui, performa carousel post mengalahkan foto dan video lho.

Kemudian pada bidang F&B. Siapa sih yang tak suka icip sana sini, apalagi makanan sekarang semakin menarik? Nah, kafe estetik kini menjadi unggahan yang semakin ramai di media sosial. Oleh karena itu, lagi-lagi Instagram berhasil menyandang predikat platform terbaik dengan engangement rate sebesar 1,06%.

Baca Juga: Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

Bidang keuangan pun tak boleh dilupakan. Meskipun terlihat kurang popular, nyatanya platform ini bisa menjadi primadona. Instagram unggul atas kompetitornya dengan engagement rate sekitar 0,85%.

Terakhir, bidang edukasi. Instagram masih memegang peringkat pertama dalam engagement rate di angka 3,19% dalam bidang ini. So, sudah tak ragu untuk memasarkan bisnis di bidang ini kan?

Bagaimana potensi Instagram di 2021 ini?

Dari penjelasan tadi, kita bisa melihat benchmark beberapa usaha di bidang tertentu. Lagi, apakah Instagram masih layak menunjang bisnis Anda tahun 2021 ini?

Jawabnya, masih. Instagram masih menjadi posisi paling vital untuk bisnis tahun ini. Kenapa? Alasannya karena platfrom ini masih memiliki interaksi paling baik. Sehingga secara keseluruhan, Instagram memiliki potensi kuat untuk menunjang bisnis Anda.