Tips Jualan Online di Instagram

Tips Jualan di Instagram untuk Pemula – Saat ini media sosial tak sekadar tempat berbagi informasi atau tempat berkumpulkan orang-orang terdekat. Media sosial sudah bertransformasi menjadi salah satu alat untuk berbisnis dan banyak dari pengguna menggunakan media sosial sebagai lapak jualan. Salah satu media yang sering digunakan untuk berbisnis online adalah Instagram.

Layaknya media sosial lain instagram selain digunakan untuk berbagi foto, juga digunakan untuk wadah berjualan, baik oleh pebisnis pemula hingga perusahaan-perusahaan besar untuk promosi brand mereka.

Namun banyak pelaku bisnis pemula tekadang salah dalam menerapkan cara jualan di Instagram. Cara berjualan agat laris manis di Instagram tak semudah yang dibayangkan. Jika Anda memiliki toko nyata,  Anda bisa menarik perhatian dengan memasang gambar promosi, meletakkan papan diskon depan toko, pasang iklan di koran atau majalah, dan berjualan di ramai aktivitasnya. Bagaimana dengan Anda yang hanya mengandalkan media sosial seperti Instagram. Pastinya dibutuhkan strategi untuk menarik minat calon pelanggan Anda. Berikut informasi tips jualan di Instagram untuk pemula.

Baca Juga: 5 Ide Tipe Unggahan Menarik di Instagram

Buat Akun Bisnis

Jika Anda berminat untuk menjual produk Anda di Instagram adalah mengubah akun menjadi instagram bisnis. Kenapa harus Instagram bisnis? Karena fitur yang disediakan dalam akun instagram bisnis dapat membantu Anda dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Mulai dari fitur insight, promote, dan call to action.

Melalui fitur insight, Anda akan informasi tentang siapa follower Anda dan postingan mana yang lebih baik. Fitur ini juga menampilkan metrik seperti reach, top posting, view, impression dan informasi follower  seperti jenis kelamin, usia, dan lokasi.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan fitur promote. Fitur ini memungkinan untuk Anda mengubah postingan biasa menjadi iklan di aplikasi Instagram. Hal ini dapat membantu Anda terhubung dengan banyak konsumen

Konten yang Menarik

Awal membangun usaha bisnis di Instagram pastinya akan membuat Anda berpikir cukup keras di bagian konten. Anda tak bisa serta merta mengunggah gambar yang Anda punya tanpa menyusunnya dengan baik.

Agar produk Anda terjual dengan laris di instagram, buatlah konten yang menarik sebanyak mungkin.  Buat feed instagram Anda tidak sepi. Hal ini juga wajib dilakukan secara konsisten. Jika Anda unggah gambar seminggu dua kali, maka dalam sebulan Anda memposting delapan gambar pada akun instagram bisnis Anda.

Konten yang dibuat juga tak boleh sembarangan. Konten ini didasarkan pada audiens yang sudah Anda tentukan. Pilihlah waktu yang tepat untuk mengunggahnya. Detail informasi ini bisa Anda lihat pada fitur insight.

Baca Juga: 5 Alasan Akun Instagram Anda Tidak berkembang

Gunakan Hashtag

Hashtag menjadi salah satu poin penting dalam penggunaan Instagram. Pemilihan hashtag yang cocok akan membantu calon pelanggan Anda menemukan dengan cepat pada kolom search.Pilihlah hashtag yang tepat dan tidak terlalu banyak. Maksimal penggunaan hashtag untuk satu kali posting adalah 30.

Tawarkan Diskon

Siapa yang tak suka diskon? Siapapun jika mendapatkan diskon pasti memiliki peluang beli yang cukup banyak. Oleh karena itu, jika ingin menarik banyak pelanggan untuk membeli produk Anda, cobalah untuk menawarkan diskon. Anda bisa mencantumkan harga lama dan harga baru setelah dipotong diskon. Hal ini akan membuat konten yang Anda sajikan menarik.

Siap untuk berjualan di Instagram, Digitizer?