Instagram

Instagram menjadi sosial media yang paling sering digunakan akhir- akhir ini. Di Indonesia.  per Februari 2018 pengguna aplikasi ini tercatat sebanyak lebih dari 45 juta pemakai aktif. Dengan berbagai fitur yang disediakan, para pengguna dapat mengeksplor kreativitas mereka dari segi tampilan dan audio. Hal tersebut juga bisa menjadi peluang bagi para pebisnis untuk memasarkan produk. Berikut beberapa tips mengoptimalkan sosial media marketing melalui Instagram.

Rapikan feed Instagram

Pengaturan feed sangatlah penting karena kenyamanan dan keindahan tatanan foto dan video dalam sebuah profil bisnis sangat diperhatikan oleh para calon pembeli. Mereka akan melanjutkan pencarian berbagai produk di profil and jika mereka merasa tidak terganggu dengan tampilan feed anda. Penentuan sebuah tema dalam desain feed diperlukan untuk menunjukkan kepribadian perusahaan anda.

Maksimalkan tampilan stories

Tahukah anda bahwa pengguna harian aktif Instagram Stories pada November 2017 lalu menembus angka 300 juta di seluruh dunia. Hal itu membuktikan bahwa stories yang anda bagikan bisa menjadi ladang untuk memasarkan produk dengan strategi social media marketing. Banyak hal yang dapat dibagikan lewat stories daripada hanya sekedar postingan, anda dapat membagikan cerita tentang hal-hal dibalik layar dari sebuah perusahaan atau cara pembuatan produk, atau testimoni dari pengguna produk anda. Coba buat tampilan semenarik mungkin sehingga para followers penasaran untuk melihat stories anda secara keseluruhan. Dengan begitu, pengikut Instagram anda akan lebih mengenal perusahaan dan produk yang ditawarkan. Juga, mereka akan merasa diistimewakan dengan mengetahui serba-serbi perusahaan dan produk.

Ajak influencer yang sesuai dengan target pasar

Influencer yang merupakan seorang artis/selebgram/ tokoh penting sebuah komunitas menjadi salah satu komponen penting dalam pemasaran produk melalui social media. Keberadaan mereka cukup efektif dalam peningkatan followers Instagram perusahaan dan penjualan produk. Hal tersebut sangat berdampak besar bagi social media marketing karena para pengikut akan mempercayai sebuah review produk dari para influencer. Alhasil, mereka akan terpacu untuk ikut merasakan pengalaman yang sama dengan idola mereka

Maksimalkan penggunaan fitur

Banyak fitur baru bermunculan di Instagram pada bulan Juni, seperti stiker asking question dan IG TV.  Fitur tersebut dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada para calon pembeli produk dan jasa. Mereka dapat menanyakan tentang berbagai hal seputar produk dan jasa dengan menggunakan fitur asking question. Berbeda dengan fitur IG TV, mereka hanya bisa menyaksikan video yang sudah diunggah namun dengan durasi yang lebih lama daripada di fitur Instagram Stories. Dengan begitu, calon pembeli dapat mengetahui informasi sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan tanpa ada batasan waktu.

Dengan memanfaatkan aplikasi gratis ini anda bisa memasarkan produk/ jasa anda ke seluruh daerah tanpa terkecuali. Akan lebih baik lagi, jika dapat mengoptimalkan segala fitur yang disediakan oleh Instagram, maka calon pembeli akan tertarik dan selalu menunggu inovasi-inovasi baru dari perusahaan anda.

Manfaatkan fitur Instagram lainnya seperti

Cara menggunakan fitur “ask me a question”

IG TV, terobosan baru dari Instagram

Manfaat Instagram Bisnis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.