engagement instagram

Kita tentu akrab dengan social media Instagram. Social media berbasis foto ini kian ramai digunakan, tak hanya untuk berjejaring namun juga bisnis. Nah, bagi yang mengandalkan social media ini dalam berbisnis maka Anda perlu tahu bahwa insight penting adanya. Salah satu elemen insight Instagram adalah engagement. Engagement Instagram sendiri adalah indikator interaksi antara apa yang Anda unggah dan respon followers terhadap postingan tersebut.

Bagaimana meningkatkan engagement Instagram?

Baca Juga : Google+ Akan Segera Tutup Usia

Caption juga merupakan hal yang penting diperhatikan. Dengan caption yang menarik, maka engagement pun bisa meningkat. Engagement Instagram dilihat dari banyaknya like dan komentar dalam unggahan. Apabila banyak yang menyukai dan memberikan komentar di unggahan Instagram Anda, maka kemungkinan engagement dan orang untuk melihat juga semakin besar.

Di Instagram, caption bisa diisi hingga 2.200 karakter termasuk penggunaan emoji dan maksimal tagar atau hashtag dalam 1 unggahan adalah 30 tagar.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan ke Instagram kita agar kita bisa mendapatkan lebih banyak engagement Instagram.

Baca Juga : Inovasi Bisnis Digital, Kini Ada Go-Tix

engagement instagram
Kenali audiens Anda dengan baik

1. Kenali Audiens

Siapa audiens followers akun Instagram yang ingin dituju? Jika memang kita menargetkan untuk menggaet engagement dari anak muda, maka kita harus bisa menulis caption yang bisa diterima anak muda. Contohnya dengan menulis caption yang menyinggung trend terkini yang sedang populer. Atau juga menggunakan emoji yang tepat.

Sementara sebaliknya, jika audiens yang dituju adalah golongan dewasa usia 40 tahunan ke atas, maka kita perlu menyesuaikan caption dengan persona yang lebih bisa diterima. Kita harus memberikan banyak informasi sejelas-jelasnya, karena generasi tua biasanya lebih serius dan formal.

Yang pasti followers harus bisa mengerti konteks yang dibahas, paham arti emoji, dan juga paham akan referensi caption yang dibuat.

engagement instagram
Penting menentukan “suara” identitas akun

2. Tetapkan Suara Identitas Akun

Menulis caption, seperti berbahasa, memiliki “suara” yang diberikan untuk followers. Misalkan saja, kita ingin menggambarkan akun sebagai sesuatu yang serius, tapi modern dan juga menarik. Kita bisa melihat contoh caption yang dituliskan akun-akun apparel olah raga seperti Puma, Adidas, atau Nike. Mereka memiliki suara yang bisa menggaet anak muda dan juga orang dewasa. Sementara untuk yang ingin mengedepankan humor, kita bisa menulis dengan menampilkan “suara” guyon atau yang lebih banyak penggunaan bahasa informal dan slang.

Baca Juga : Kemudahan Rekening Ponsel Perlahan Geserkan Pamor ATM

engagement instagram
Perhatikan panjang caption

3. Perhatikan Panjang Caption

Ingatlah bahwa banyak orang yang melihat Instagram dengan cepat. Maka dari itu, tidak banyak orang yang senang membaca caption yang terlalu panjang. Tapi bukan berarti kita tidak boleh menuliskan caption panjang.

Kita perlu untuk memperhitungkan urgensi dari caption. Saat pesan yang ingin disampaikan sudah cukup dituliskan dalam caption, kita tidak perlu menambah-nambahkannya lagi. Instagram hanya akan menampilkan tiga baris pertama dari catption, selebihnya followers harus mengklik “more” untuk membaca lanjutannya. Maka tiga baris tersebut sangat penting untuk menarik perhatian followers.

engagement instagram
Temukan hastag yang cocok dengan unggahan

4. Gunakan Hashtag, Tapi Jangan Berlebihan

Hashtag yang relevan sangat dibutuhkan agar konten lebih banyak dilihat orang. Hanya saja, kita tidak ingin hashtag merusak keindahan caption. Maka dari itu ada trik yang bisa dilakukan. Trik pertama, pisahkan caption dan hashtag dengan tiga atau lima baris titik, asterik, atau strip. Dengan begitu hashtag akan muncul di bagian bawah caption, dan followers harus mengklik “more” untuk melihatnya. Cara berikutnya adalah dengan menggunakan hashtag di kolom komentar.

Baca Juga : Atur Keuangan dengan Aplikasi Money Manager di Ponsel

engagement instagram
Pertanyaan sebagai caption? Why not?

5. Tuliskan Pertanyaan Sebagai Caption

Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan engagement adalah dengan menulis pertanyaan sebagai caption. Apapun pertanyaannya, caption jenis ini akan mengajak followers untuk menulliskan jawaban di kolom komentar. Dengan begitu engagement akan meningkat dengan lebih baik.

Salam Digitizer,