IG TV fitur baru instagram
Source : https://www.google.co.id/

IG TV, fitur baru instagram yang akan saingi Youtube – Instagram merupakan salah satu jejaring sosial media berbentuk aplikasi yang populer di masyarakat. Baru-baru ini instagram merilis fitur terbarunya yakni IG TV. Fitur IG TV sendiri merupakan sebuah fitur dalam aplikasi dalam aplikasi instagram yang mana para penggunanya dapat mengunggah dan menonton video dalam bentuk vertikal dengan durasi lebih dari 1 jam. Jika pada fitur instagram sebelumnya yaitu instastory, pengguna hanya dapat mengunggah video berdurasi 15 detik saja.

Untuk menggunakan fitur ini bisa di coba menekan icon IG TV disebelah Icon Direct message di dalam aplikasi instagram. Pada saat membukanya, kita langsung disuguhi dengan video yang dapat dimainkan secara langsung. Sama seperti TV pada umumnya, video yang berada dalam IG TV ini akan langsung dimainkan tanpa harus menekan tombol play terlebih dahulu.

Sama seperti Youtube, pada fitur IG TV juga terdapat channel-channel yang dapat dipilih dan ditonton layaknya televisi. Setiap pengguna juga dapat membuat channel IG TV miliknya sendiri. Banyak yang mengatakan fitur IG TV ini merupakan pesaing baru bagi Youtube. Namun, apa perbedaan dari IG TV dan Youtube? Simak perbedaannya.

IG TV Vs. Youtube, berikut perbedaannya.

Format video

IG TV fitur baru instagram
Source : https://www.google.co.id/

Berbeda dengan Youtube yang menggunakan format video horizontal, IG TV menggunakan format video vertikal dengan aspek rasio 9 : 16. Jadi, pada penggunaan fitur IG TV tidak dapat menggungah format video horizontal. Sedangkan pada youtube sendiri penggunanya dapat mengunggah format video apapun baik vertikal maupun horizontal.

Namun, dengan menggunakan format video vertikal para pelaku bisnis online juga dapat dengan mudah merekam dan membuat konten mengenai produknya dengan mudah tanpa membalik posisi smartphone termasuk penonton yang dapat menonton video tanpa membalik posisi smartphone.

Baca Juga : Fitur Terbaru Instagram dalam Menunjang Bisnis Online

Linimasa Video

IG TV fitur baru instagram
Source : https://www.google.co.id/

Pada tampilan dari Youtube dan IG TV tidak jauh berbeda pada saat pertama kali membukanya, dimana antara satu dan yang lainnya menampilkan video-video yang telah dipublikasi oleh orang-orang yang diikuti oleh pengguna. Keduanya juga memberi suguhan video sesuai dengan minat penggunanya. Apabila pengguna akun memiliki minat dalam hal kuliner, maka akan dimunculkan video-video dalam kategori tersebut.

Durasi video

Pengguna bida menggunakan aplikasi terpisah ini untuk mengunggah video dengan durasi yang panjang, hingga maksimal 1 jam. Di tahap awal ini, pengguna biasa hanya diperbolehkan mengunggah video sepanjang 10 menit saja. Sedangkan video dengan durasi 1 jam hanya dapat diunggah oleh kreator konten atau pengguna dengan jumlah pengikut yang cukup banyak.

Sementara itu, youtube menawarkan durasi video yang berbeda. Siapapun dapat mengunggah video berdurasi 15 menit kapan pun. Tetapi pengguna yang telah diverifikasi memiliki pilihan untuk mengunggah video lebih panjang, dengan ukuran maksimal 128 GB atau 12 Jam. Dengan ini para pelaku bisnis online dapat dengan leluasa membuat konten untuk mempromosikan produk-produknya.

Baca Juga : Fitur Baru Instagram Cegah Pengguna Kecanduan Aplikasinya

Siaran langsung

Untuk saat ini fitur IG TV belum bisa melakukan siaran langsung. Di sisi lain, youtube sudah lama memiliki fitur siaran langsung dan sudah banyak kreator konten yang menggunakan fitur siaran langsung ini pada channel Youtube-nya.

Meskipun memiliki beberapa perbedaan antara IG TV dan Youtube, pastinya fitur baru ini dapat digunakan sebagai media promosi dalam bentuk video vertikal berdurasi lebih panjang pada aplikasi instagram.

Salam Digitizer,

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.