unicorn

Unicorn yang sempat booming di tengah masyarakat digital kini mulai dikenal. Dari sekitar 300 perusahaan rintisan di seluruh dunia, ternyata Indonesia turut ikut serta memberikan perwakilannya. Bahkan, beberapa unicorn Indonesia sudah bernilai lebih dari US$ 1 miliar. Berikut karya anak bangsa yang bersinar di ranah internasional.

Gojek

Perusahaan yang bergerak di bidang layanan ride-hailing ini telah berdiri di Indonesia sejak 2010. Sesuai penuturan gojek di laman resminya, sejak pendiriannya perusahaan ini terus berkembang untuk menyediakan layanan transportasi yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat kota. Hal itu terbukti dengan lahirnya layanan-layanan baru hampir setiap tahunnya seperti go-food, go-massage, go-glam, dan lain-lain. Pendirian Go-jek yang dipimpin oleh Nadiem Makariem berhasil menjadi start-up Indonesia pertama yang mendapat gelar unicorn. Pada 4 Agustus 2016, perusahaan ini berhasil menerima investasi sebesar US$ 550 juta dari beberapa investor dunia.

Baca Juga: Unicorn,  si Manis di Dunia Online

Tokopedia

Menyusul pendahulunya, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang E- Commerce ini berhasil mencatatkan diri sebagai unicorn di tahun 2017. Label tersebut melekat pasca mendapatkan investasi sebesar US$ 1 miliar dari Alibaba. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison dengan misi mendemokratisasikan perdagangan. Upaya ini dilakukan karena mereka melihat ketimpangan peluang pedagang di seluruh Indonesia. Brilliant!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Memulai Bisnis Online

Traveloka

Siapa sih yang tidak butuh liburan di saat sedang jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan? Traveloka hadir sebagai penyedia layanan penjualan tiket transportasi dan hotel online. Tidak hanya itu, start-up yang dibangun oleh Ferry Unardi dan rekan-rekannya pada 2012 ini menyediakan tiket tempat hiburan keluarga dan paket restoran juga. Perusahaan ini sukses menyandang gelar unicorn menyusul Gojek dan Tokopedia pada 2017 lalu. Traveloka menjadi perusahaan yang tercepat dalam meraih gelar tersebut karena hanya memerlukan waktu 5 tahun pasca pendiriannya.

Baca Juga: Sociolla Platfrom Belanja Online Produk Kecantikan

BukaLapak

New baby is born! Buka lapak menjadi unicorn Indonesia yang baru saja meraih gelar unicorn. Platform E-commerce ini berdiri sejak 2010 oleh Achmad Zaky. Bukalapak mengusung slogan jual-beli online mudah dan terpercaya. Mereka tak tanggung-tanggung memberikan jaminan 100% uang kembali jika barang tidak dikirimkan oleh penjual.

Empat perusahaan rintisan ini masih terus mengembangkan bisnis dan layanannya. Bukanlah suatu hal yang mengejutkan apabila start-up tersebut mungkin akan menyandang status decacorn di tahun ini. Hal tersebut juga mendorong semangat start-up lain di Indonesia untuk terus mengembangkan usahanya. Millenials, tunggu apalagi? Rintis usahamu dari sekarang!