startup unicorn

Unicorn, Decacorn dan Hectocorn adalah kasta dalam valuasi startup jika unicorn bernilai lebih dari US$ 1 miliar Tapi, ternyata masih ada dua ‘tingkat’ lagi yang bisa dicapai oleh startup yang telah mencapai status unicorn, yaitu decacorn dan hectocorn. Startup yang telah mencapai tingkat decacorn berarti telah memiliki valuasi sebesar USD 10 miliar.

Startup di Indonesia : Unicorn, Decacorn atau Hectocorn?

Indonesia menyumbang empat startup yang masuk ke dalam startup unicorn dan diawal tahun ini kabarnya dua startup indonesia akan naik kelas menjadi Decacorn dan calon hectocorn, Empat perusahaan asal Indonesia yakni Traveloka, Bukalapak, Gojek, dan Tokopedia masuk dalam daftar unicorn dunia yang memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar.

Baca Juga : Unicorn Indonesia

Diantara 300 unicorn, tidak sedikit perusahaan yang ‘naik kelas’ menjadi decacorn dan calon hectocorn. Kedua istilah ini merupakan kasta perusahaan yang lebih tinggi di ranah startup.Decacorn sendiri merupakan perusahaan dengan valuasi US$10 miliar. Sementara hectocorn memiliki valuasi US$100 miliar.

Dari 300 unicorn di seluruh dunia, CB Insight mencatat ada 15 perusahaan di dunia yang naik kasta menjadi decacorn. China dan Amerika Serikat mendominasi daftar decacorn baru dunia.

Baca Juga : Kopi On Demand Pertama Di Indonesia

Kesebelas decacorn tersebut antara lain Bytedance (valuasi US$75 miliar), Uber (US$72 miliar), Didi Chuxing (US$56 miliar), WeWork (US$47 miliar), Airbnb (US$29,3 miliar), SpaceX (US$21,5 miliar), Stripe (US$20 miliar), JUUL Labs (US$15 miliar), Epic Games (US$15 miliar), Pinterest US$12,3 miliar), Bitmain Technologies (US$12 miliar), Samumed (US$12 miliar), Lyft (US$11,5 miliar), Grab (US$11 miliar), Palantir Technologies (US$11 miliar), Global Switch (US$11,08 miliar). Sementara Infor, DJI Innovations, One97 Communications dan Gojek masing-masing memiliki valuasi US$10 miliar.

Baca Juga : Qlapa Menutup Layanan Ditahun 2019

tokopedia dan gojek

Indonesia bakal memiliki startup dengan skala decacorn yang memiliki valuasi di atas USD10 miliar. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan dua startup tersebut adalah Go-Jek dan Tokopedia paling terdekat menuju decacorn. Namun bagi Rudiantara tidak penting siapa yang lebih dulu mendapatkan gelar Decacorn yang terpenting startup Indonesia bisa terus berjaya dan memperluas layanaanya di Indonesia.

Salam Digitizers