Trik di Facebook untuk Kegiatan Marketing

0
88
trik facebook

Seperti yang kita tau sebelumnya bahwa Facebook merupakan salah satu social media yang pernah menjadi ‘Raja’ dimasanya. Banyak orang sengaja melakukan sosialisasi menggunakan aplikasi tersebut bahkan memulai usaha bisnisnya dari sana, karena terdapat beberapa fitur yang dapat menarik perhatian para penggunanya. Mulai dari texting, video call, ataupun tempat untuk mempromosikan bisnis. Banyaknya pengguna Facebook juga memungkinkan untuk ‘melihat’ usaha tersebut.

Namun, di era millenial ini banyak orang-orang yang berpindah dari Facebook menuju sosial media lainnya sebagai wadah untuk melakukan marketing seperti Instagram, YouTube, atau Website, yang lebih canggih dan diminati banyak orang juga karena beberapa ‘fitur’ yang dapat mendukung marketing mereka walaupun masih ada juga yang menggunakan aplikasi tersebut hingga sekarang.

Baca juga : 15 Tahapan yang diperlukan bisnis Startup

Padahal berbagai trik dan strategi bisa Anda lakukan untuk menunjang kegiatan pemasaran online melalui Facebook, karena selain jumlah member yang mencapai miliaran akun anda akan menemukan banyak sekali teman yang online selama 24 jam. Fitur-fitur pendukung aplikasi tersebut juga semakin meningkat mulai dari fitu standar seperti foto, kemudian update status atau memanfaatkan grup, layanan premium dan halaman fans page seperti Facebook Ads. Namun yang akan dibahas bukan tentang fitur-fitur berbayar yang mungkin memberatkan Anda. Cukup membahas fitur dasar Facebook terutama dalam melakukan posting update status untuk kegiatan marketing.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang menarik yang perlu untuk Anda pahami tentang fitur kolom “apa yang Anda pikirkan?” di dalam Facebook. Keunikan tersebut bisa dimanfaatkan untuk sekedar promosi produk ataupun menginformasikan tentang bisnis Anda atau anda mungkin bisa masuk ke beberapa portal grup yang dibuat khusus untuk marketing online. Berikut ini trik dan rahasia dalam memposting di Facebook untuk kepentingan marketing online:

  1. Waktu yang tepat memposting di Facebook

Memposting sesuatu supaya bisa dilihat banyak orang adalah dengan cara memperhatikan waktu. Dikala tengah malam atau pagi hari buta tentu saja bukan waktu yang pas untuk membuka Facebook. Alhasil jika Anda memposting sesuatu di waktu yang kurang tepat, hanyalah ada sedikit yang melihatnya. Waktu yang tepat yaitu saat jam-jam santai untuk kebanyakan orang dan juga waktu dimana orang sedang online. Sangat mudah untuk mengetahui kapan waktu posting yang tepat. Anda cukup melihat daftar teman yang online, apakah tanda hijaunya banyak? Jika ada banyak maka itulah waktu yang tepat untuk posting promosi bisnis Anda.

  1. Posting foto tunggal

Ketika Anda sedang mencoba memposting bisnis Anda dengan menggunakan fasilitas upload foto, sebaiknya hanya gunakan foto tunggal. Artinya Anda tak perlu menggunakan beberapa foto dan dijadikanlah album. Mungkin semakin banyak sekali foto yang di upload dan akan membuat postingan foto lebih lengkap, akan tetapi kenyataannya orang lebih malas mengakses foto di dalam album. Foto tunggal yang di upload akan lebih mudah diakses atau dijangkau orang teman Facebook Anda. Dengan demikian informasi yang diberikan lebih efektif tersebar.

  1. Komentar bisa ‘menyundul’ foto

Sama halnya dengan sebuah postingan status tulisan, ternyata jika Anda ingin foto promosi lama terlihat lagi maka yang dilakukan hanyalah menulis komentar di foto tersebut. Cara ini sangatlah ampuh untuk memunculkan foto Anda ke Beranda teman-teman Anda. Inilah yang menjadi salah satu keunikan Facebook yang harus Anda manfaatkan untuk kepentingan promosi dan juga kegiatan marketing online.

  1. Postingan khusus bisa diatur

Keunggulan Facebook yang lain yaitu Anda bisa mengatur siapa sajakah yang bisa melihat postingan Anda. Di kolom status yang bagian bawah kanan ada pengaturan privasi siapa sajakah yang akan melihat postingan. Bahkan opsinya cukup banyak yaitu publik untuk semua, hanya saya, hanya teman atau bahkan Anda bisa mengaturnya secara lebih rinci lagi dengan opsi yang khusus untuk siapakah yang bisa melihat dan siapa yang tak boleh melihat. Mungkin cocok jika Anda mempunyai produk orang dewasa supaya menyembunyikan dari anak-anak.

Artikel serupa : Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here