Web development

Website cukup berperan penting dalam pemasaran sebuah produk secara digital untuk menciptakan hubungan yang baik dengan calon pembeli.  Dalam sebuah website, web developer meramu berbagai macam Bahasa pemrograman untuk menciptakan web yang baik. Bahasa pemrograman ini penting untuk diketahui, terutama jika Anda menargetkan pembeli melalui website. Dengan tampilan web yang eye-catching dan konten yang informatif, para calon pembeli akan selalu ingin tahu perkembangan produk Anda.

Sebagai pemula dalam pengembangan website, Anda perlu mengetahui basic skill yang wajib dikuasai oleh web developer. Dengan begitu web dapat terintegrasi dengan baik dalam mendukung strategi digital marketing. Sudah jelas jika pekerjaan web developer berhubungan dengan pembuatan sebuah website, mereka bertugas untuk menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Perlu Anda ketahui, mereka bertanggung jawab dalam pembuatan database, mengatur domain, dan membuat tampilan web yang dinamis. Berikut beberapa bahasa pemrograman harus dimengerti, infodigi merangkum 3 bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh web developer.

  1. HTML (Hyper Text Markup Language)

Bahasa pemrograman ini merupakan basic skill yang harus dikuasai oleh seorang web developer. HTML bertugas untuk menyusun kerangka halaman web, bahasa ini menciptakan tampilan web yang Anda lihat di browser.  Sebenarnya, HTML bukanlah murni bahasa pemrograman, namun merupakan bahasa markup yang berisi perintah-perintah dengan format tertentu yang terstruktur untuk menampilkan tampilan tertentu (content only). Bahasa markup, sesuai dengan kata awalnya yaitu mark yang berarti tanda maka bahasa ini tersusun dari tanda untuk menandai setiap bagian dari sebuah teks.

  1. CSS (Cascading Style Sheets)

CSS merupakan bahasa pelengkap HTML yang berfungsi untuk merapikan dan memperindah tampilan halaman sebuah web. CSS bertugas mengatur layout dan tampilan dari web misalnya warna background, tulisan, font, ukuran, dan sebagainya. Bahasa pemrograman ini dikombinasikan dengan HTML agar memunculkan tampilan yang baik dari sebuah konten dan layout.

  1. Javascript

Dengan menggunakan Javascript, Anda dapat menambahkan fitur interaktif untuk halaman web dan aplikasi. Bahasa pemrograman ini memungkinkan Anda untuk menambahkan efek animasi tanpa perlu instalasi plug-in lagi.

Setelah menguasai 3 bahasa pemrograman dasar tersebut, seorang web developer dapat merambah ke bahasa yang lain sehingga akan tercipta website yang baik, menarik, dan mudah diakses. Menguasai  bahasa pemrograman juga sangatlah berguna bagi Anda yang ingin memulai bisnis start-up. Untuk belajar bahasa pemrograman lebih dalam, Anda dapat mencari referensi melalui buku, video YouTube, atau bahkan mengikuti seminar tentang web development.

Artikel Serupa:

Cara Mudah Mempelajari Bahasa Pemrograman

Perbedaan Web Statis dan Dinamis

Domain dan Tingkatannya