Apakah Bisnis Anda Butuh Agensi Pemasaran Digital? – Sejalan dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini, strategi dalam melakukan pemasaran pun juga mulai berubah ke arah yang lebih modern. Jika dulu hanya menggunakan media promosi seperti surat kabar, majalah, radio, atau pun televisi, kini pemasaran sudah dilakukan dengan teknologi internet, atau yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing.

Banyak pemikiran di luar sana bahwa pemasaran digital adalah proses yang sangat cepat, mudah bahkan bisa dilakukan secara instant dalam waktu semalam.

Baca juga: Bagaimana Konten Produk yang Berkualitas?

Pada pembahasan kali ini kita akan coba membahas poin apa saja yang menjadi kebutuhan dari pemasaran digital. Sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran apakah perusahaan anda membutuhkan agensi pemasaran digital, bekerja bersama tim internal perusahaan atau Anda bisa melakukannya sendiri?

Agensi pemasaran digital adalah sebuah tim yang menawarkan jasa untuk membantu perusahaan Anda dalam membuat rencana dan mengeksekusi program marketing melalui media digital. Di sini kuncinya adalah tim, rencana, dan eksekusi program pemasaran media digital.

Tim

pemasaran digital

Apakah saat ini Anda memiliki tim internal dengan sumber daya yang cukup? Sumber daya disini adalah tenaga, waktu, kemampuan, dan pengalaman. Apakah Anda mempunyai jumlah orang yang cukup dengan waktu khusus untuk mengelola dan orang tersebut mempunyai keahlian dan pengalaman di bidang pemasaran digital?

Terutama untuk keahlian dan pengalaman seseorang dibidang tersebut, pastikan apakah orang yang dimaksud benar-benar mengerti mengenai pemasaran digital atau selama ini hanya sebagai pengguna layanan digital saja? Apakah dia memahami ekosistem dunia digital untuk mencapai tujuan pemasaran anda? Apakah dia mengerti perilaku pengguna layanan digital disetiap platform? Apakah dia mengerti kekuatan dan kelemahan masing-masing platform untuk kegiatan pemasaran anda?

Baca Juga : Bisnis Online untuk Pemula

Rencana

Rencana pemasaran digital menyebabkan banyak faktor untuk mencapai tujuan pemasaran Anda. Apakah Anda mempunyai tim yang bisa membuat banyak rencana pemasaran digital Anda? Apa ide dan konsepnya? Apa tujuannya? Apa saja yang harus dipersiapkan seperti pemilihan media, aktivitas digital dan produksi kreatif? Bagaimana Anda menyiapkan semua itu? Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Eksekusi

Tim sudah siap, rencana sudah ada, lalu saat eksekusi, apakah Anda mempunyai orang yang bisa mengeksekusi rencana tersebut?

Siapa yang melakukan planning dan buying medianya? Siapa yang membuat perangkat kreatifnya? Siapa yang akan memonitoring dan melakukan optimisasi/perbaikan?

Siapa yang akan mengukur hasilnya? Apakah orang tersebut sudah pernah melakukannya atau baru akan melakukan untuk yang pertama kali?

Baca Juga : ‘Ask Me A Question’ di Instagram Stories, Ini Cara Penggunaannya

Media digital

Kata media digital sudah bukan rahasia umum lagi. Pertanyaannya, apakah Anda sudah mempunyai orang yang benar-benar memahami media digital untuk mendukung program marketing Anda?

Media digital tidak hanya sekedar media sosial. Orang tersebut harus mengetahui platform lain seperti Search Marketing, Email Marketing, News Media, Ad Network, Mobile Marketing.

Bahkan juga mengerti integrasi atau cross platform antara pemasaran tradisional dengan digital yang memanfaatkan kemajuan teknologi, mengetahui kesempatan dan kelemahan setiap platform untuk mengambil kesimpulan dalam memilih platform mana yang akan dipakai.

Rumit? Pemasaran digital memang lebih rumit dibanding pemasaran tradisional karena kemampuannya yang bisa diukur dan dioptimalkan ketika programnya akan atau sudah berjalan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bandingkan dengan media tradisional yang biasanya setelah berjalan kita hanya bisa berdo’a menunggu hasil.

Kembali ke pertanyaan diatas, apakah anda membutuhkan pemasaran agensi pemasaran digital? Tidak, jika anda bisa menangani semua poin diatas dengan baik. Ya, jika anda tidak bisa menangani semua poin diatas dengan baik.

Note: perlu diingat bahwa program pemasaran biasanya mengeluarkan dana yang cukup besar, sehingga banyak yang berpikir untuk sedikit menghemat dengan melakukannya semua sendiri tapi tidak memiliki sumber daya yang cukup. Efeknya adalah program pemasaran Anda akan gagal dengan biaya besar yang sudah terbuang dan bisa menimbulkan efek negatif atau kerugian dibidang lain atau berimbas ke depannya.

Salam Digitizer,

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesia