Bagaimana Jika Cara Kerja CCTV Seperti Cara Kerja Otak Manusia?

0
195
CCTV WV-ASF950

Revolusi teknologi sangat berubah dengan cepat dan drastis secara besar-besaran. Teknologi sangat dibutuhkan oleh manusia dalam membantu pekerjaan agar waktu yang digunakan lebih efisien. Salah satu teknologi saat ini yaitu kamera pengawas. Saat ini sudah menggunakan aplikasi pengenalan wajah atau face recognition, jadi aplikasi ini tidak hanya memantau tapi juga mengenal wajah secara akurat. Contoh kamera pengawas yaitu CCTV yang fungsinya untuk meningkatkan keamaan dan memantau serta mengontrol kegiatan yang sedang terjadi.

Baca juga : Strategi Marketing Digital Penulis Novel Melalui Wattpad

CCTV Face Recognition WV-ASF950

Menawarkan aplikasi yang mampu menangkap gambaran wajah secara jelas dan sekaligus memicu alarm ketika wajah yang dideteksi merupakan blacklist atau memiliki riwayat melakukan tindakan kriminal. Salah satu perusahaan asing PT. Panasonic Gobel Indonesia memiliki CCTV Face Recognition WV-ASF950 dengan menggunakan sistem deep learning.

Proses Pengolahan Data

Cara kerja CCTV ini terinspirasi dengan cara kerja otak manusia yaitu menggunakan proses pembelajaran berlapis terpisah dari sebuah gambar. Fungsi dari deep learning sendiri yaitu pengenalan wajah dan klasifikasi gambar, menjadikan sebagai teknologi yang paling penting dalam keamanan. Dengan teknologi ini, setiap aspek dan keamanan mulai dari deteksi wajah, kendaraan hingga menganalisis perilaku.

Baca juga : Big Data Mampu Mencuri Ide Bisnis Anda

Telah Diuji

Teknologi mampu mengidentifikasi wajah yang biasanya akan sulit dikenali jika menggunakan teknologi konvensional, seperti sudut wajah hingga 45 derajat dari kiri atau kanan, 30 derajat dari atas atau bawah hingga menggunakan kacamata atau masker. CCTV WV-ASF950 telah dilengkapi pengenalan wajah tertinggi di dunia yang telah diuji oleh National Institute of Standards and Technology atau NIST (IJB-A Face Challenge). Fungsi IA (intelligent auto) dan “best shot” memaksimalkan mesin pengenalan wajah yang mampu menghasilkan pengenalan wajah yang presisi.

Fungsi CCTV WV-ASF950

CCTV memiliki tiga fungsi yaitu yang pertama pengenalan wajah yang mampu mencocokkan wajah yang tertangkap kamera dengan database yang sudah terdaftar sebelumnya. Kedua fungsi face searching atau mencari wajah yang tertangkap kamera untuk mengetahui lokasi atau keberadaan orang yang dicari. Dan yang terakhir yaitu mampu dimanfaatkan untuk statistik atau mengumpulkan data, seperti jumlah orang, umur, bahkan jenis kelamin.

CCTV Telah Digunakan

Sumber : https://id.japantravel.com/tokyo/terminal-int-l-bandara-haneda/40612

CCTV WV-ASF950 telah diterapkan di Bandara Internasional Haneda, Jepang. Sistem ini mampu mendeteksi perbedaan wajah hingga 10 tahun. Keunggulan ini dimanfaatkan untuk mendeteksi wajah orang saat mereka melewati gerbang bandara. Sistem ini akan dipakai Olimpiade Tokyo 2020. Tak hanya di Jepang tapi National University of Singapore juga telah menggunakannya.

Baca juga : Jangan Salah, Ekonomi Digital dan Revolusi Industri 4.0 Itu Beda

Apakah CCTV WV-ASF950 akan merambah ke Indonesia?