Big Data Mampu Mencuri Ide Bisnis Anda

0
145
big data mengungkap identitas

Mungkin akhir-akhir ini sering kali mendengarkan istilah “Big Data” dalam kehidupan sehari-hari terutama para praktisi di bidang IT dan Komunikasi Digital. memiliki struktur yang rumit, pertumbuhannya sangat cepat, bervariasi dan jumlahnya besar. Big data juga bisa diartikan sebagai pertumbuhan data dan informasi yang eksponensial dengan kecepatan dalam pertambahannya dan memiliki data yang bervariasi sehingga menyebabkan tantangan baru dalam pengolahan data yang besar dan memahami semua data tersebut.

Baca juga : Flip, Cara Baru Transfer Antar Bank Tidak Perlu Memikirkan Biaya

Karakteristik dari big data dibagi 3V, yaitu :

  1. Volume, yaitu memiliki jumlah data yang sangat besar sehingga proses pengolahan data dibutuhkan suatu penyimpanan yang besar dan dibutuhkan analisis yang lebih spesifik.
  2. Velocity, yaitu memiliki aliran data yang cepat dan real time.
  3. Variety, yaitu memiliki bentuk format data yang beragam baik terstruktur ataupun tidak terstruktur dan bergantung pada banyaknya sumber data.

Manfaat Big Data

Memiliki struktur yang rumit dan tidak terstruktur tapi bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih mendalam dan bisa membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, bisa digunakan ke dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pengolahan big data bagi setiap pelaku bisnis atau individu yaitu mampu mengolah data agar mendapatkan informasi yang mendalam dan lengkap.

Baca juga : Applikasi Kopi On Demand Pertama Di Indonesia

Big Data dalam Bisnis

Seperti dalam menganalisis perilaku konsumen maka yang dilakukan pemilik supermarket yaitu melakukan pengecekan pada struk pembelanjaan. Ketika konsumen membeli banyak produk tersebut maka pemilik supermarket tersebut bisa melakukan beberapa tindakan seperti meletakkan produk tersebut di lokasi yang strategis, sering dilihat dan mudah dijangkau, selain itu bisa saja tindakannya berupa memberi potongan harga.

Manfaat dalam Dunia Bisnis

  1. Mengenali pelanggan dengan lebih baik, big data membantu perusahaan mengerti tindakan dan cara pikir mayoritas pelanggannya. Mampu menunjukkan apa yang pelanggan yang benar-benar dilakukan.
  2. Membuat strategi marketing yang efektif, membuat keputusan marketing yang lebih baik.
  3. Memaksimalkan media sosial, karena dapat digunakan untuk mengindetifikasi jika ada yang mengetik nama produk atau perusahaan di internet, khususnya media sosial.

Baca juga : Belajar dari Grab, Decacorn pertama di Asia Tenggara

Nah sudah tahu kan apa saja manfaat dan kegunaan big data dalam berbisnis. Selamat datang revolusi industri 4.0, menggunakan teknologi dengan bijak.