Tips Sederhana Optimasi Marketplace Ini Buat Produkmu Ada di Tampilan Atas!

0
2554
optimasi marketplace

Seringkali kita susah untuk membuat produk berada pada halaman pertama pencarian di marketplace, terlebih produk tersebut baru Anda upload ataupun dari store Anda sendiri yang masih baru. Bahkan produk Anda cenderung tetap menempati halaman belakang, meski sudah beberapa hari atau bulan setelah upload. Itu tandanya Anda perlu melakukan optimasi di marketplace Anda.

Produk yang tak kunjung naik pada halaman atas tentu merugikan, karena tidak semua orang akan scrolling hingga halaman akhir ketika akan membeli sebuah produk. Belum lagi jika halaman pertama sudah diisi oleh produk kompetitor yang memiliki rating dan review bagus. Kalau sudah begini, bagaimana produk Anda bisa bersaing dengan produk kompetitor?

Baca juga Perbedaan E-Commerce, Marketplace dan Online shop

Lalu bagaimana membuat produk Anda bisa bersaing pada halaman pertama marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Zilingo, dll? Hal utama yang seringkali disepelekan adalah penempatan nama produk, dalam membuat nama produk atau istilah lainnya judul, harus terdapat ‘kata kunci’ atau ‘keyword’ yang tepat. ‘keyword’ menjadi point utama yang harus Anda maksimalkan. Cara membuat keyword yang tepat tidak bisa asal buat, Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Baca juga Marketplace atau Toko Online Sendiri, Mana yang Lebih Baik?

Tips Optimasi Marketplace

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan, disini penulis akan menggunakan Lazada sebagai contoh.

  • Buka website Lazada
  • Ketik keyword utama sesuai dengan produk Anda di kolom pencarian. Misal: celana olahraga pria
  • Setelah Anda masukkan keyword, maka akan muncul beberapa keyword teratas yang sering dicari oleh konsumen seperti gambar dibawah ini.
  • Dari semua TOP keyword yang muncul, anda bisa menggabungkan beberapa keyword tersebut yang relevan dengan produk Anda. Misal: celana olahraga pria, training, panjang, ketat.
  • Setelah anda menggabungkan beberapa keyword dan menyesuaikan kata-katanya agar enak dibaca, tempatkan pada nama produk yang akan Anda upload. Misalnya:(“Nama toko Anda” / Celana Training Olahraga Pria Model Panjang Tidak Ketat – “Kode Produk”)

Riset tersebut sangat penting Anda lakukan agar tidak sembarangan dalam menulis keyword saat proses upload produk. Sehingga tepat dengan keyword yang sering dicari oleh konsumen ketika membeli sebuah produk. Dengan memaksimalkan penulisan keyword, peluang produk Anda berada di halaman pertama tidak lagi sulit.

Baca juga Berjualan Di Marketplace, Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai

Ketika keyword sudah Anda maksimalkan, jangan lupa untuk lengkapi product description, isi foto produk yang menarik, dan buat harga yang mampu bersaing dengan kompetitor Anda. Bagaimana? Apa Digitizer sudah melakukan riset ketika upload produk baru di marketplace?