Marketplace atau Toko Online Sendiri

Marketplace atau Toko Online Sendiri, Mana yang Lebih Baik? – Bagi pedagang atau pebisnis terkadang bingung untuk memilih tempat memasarkan produk yang dijual. Berjualan di Marketplace atau Toko Online Sendiri? Pertanyaan inilah yang kerap kali muncul. Namun, perlu diketahui masing-masing platform memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berikut ulasan kelebihan dan kelemahannya.

Marketplace atau Toko Online Sendiri, Berikut Kelebihan dan Kelemahannya.

Marketplace atau Toko Online Sendiri
Source : https://www.google.co.id/

Kelebihan Marketplace

Mudah Untuk Memulai Berjualan
Menggunakan marketplace tentunya sangat memudahkan penjual dalam memasarkan produknya mengingat telah tersedianya fitur upload foto, keterangan, dan stok. Kemudahan inilah yang banyak disukai bagi orang atau penjual yang masih awam dalam berbisnis online.

Marketplace Ramai Pengunjung
Layaknya sebuah mall online, marketplace selalu ramai akan pengunjung. Jika kita memasarkan produk kita pada marketplace, sama halnya kita membuka sebuah stan dalam sebuah mall. Banyaknya pengunjung tentu dapat meningkatkan presentase produk kita terjual.

Kelemahan Marketplace

Banyaknya Pesaing dengan Produk Serupa
Dalam marketplace tentunya tak hanya ada satu penjual yang menjual produk serupa, sehingga membuat presentase terjualnya produk anda menjadi berkurang. Namun, dengan adanya hal ini dapat diatasi dengan mengadakan promo, bonus, atau layanan yang baik sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Pelanggan Dapat dengan Mudah Membandingkan Harga
Pada website atau aplikasi marketplace telah tersedia fitur untuk membandingkan harga dengan produk serupa. Dengan hal ini juga dapat membuat kesempatan produk terjual menjadi menurun.

Pelanggan Tidak Mengingat Nama Toko
Dalam berbelanja di marketplace, biasanya pelanggan tak mengingat nama toko atau penjual yang menjual produk melainkan hanya mengingat nama marketplace tempat penjual memasarkan produknya. Hal ini sangat buruk bagi penjual yang ingin membangun brand dari tokonya.

Baca Juga : Mengapa Harus Mengembangkan Website

Selain menggunakan marketplace, kita dapat berjualan produk secara online di toko online sendiri. Berikut kelebihan dan kelemahan berjualan di toko online sendiri.

Marketplace atau Toko Online Sendiri
Source : https://www.google.co.id/

Kelebihan Toko Online Sendiri

Brand Lebih Dikenal
Dengan berjualan pada toko online sendiri, tentunya pelanggan akan lebih mengenal brand yang anda bangun. Sehingga dapat dengan mudah diingat dan dapat menimbulkan repeat order.

Menjadi Brand Tunggal
Jika anda berjualan pada website toko anda sendiri, tentunya anda hanya akan menampilkan produk anda sendiri yang mana akan mengurangi resiko pelanggan nyasar ke penjual lain karena anda berjualan pada website toko anda sendiri. Selain itu kontrol penuh dapat anda lakukan pada toko online anda.

Baca Juga : Perkenalkan Aplikasi Bosqu

Kekurangan Toko Online Sendiri

Tingkat Kesulitan Tinggi
Dalam membentuk toko online sendiri tentunya tak mudah. Mengingat kita harus membangunnya dari awal, biasanya masih terjadi banyak kendala teknis sehingga banyak penjual yang lebih memilih menggunakan marketplace untuk memasarkan produknya.

Banyak Pelanggan yang Ragu
Berbeda dengan marketplace yang menyediakan kolom ulasan dari pembeli, pada toko online sendiri tentunya tak ada kolom ulasan bagi pembeli. Sehingga calon pembeli yang berkunjung ke toko online kita tak sedikit yang masih ragu untuk berbelanja. Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan mengunggah testimoni dari beberapa pelanggan yang pernah berbelanja pada toko online anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Marketplace dan toko online sendiri. Mana yang lebih baik menurutmu?

Salam Digitizer,