Cara Mudah Memasang Iklan facebook Secara Gratis – Jilid 1 / sumber: www.oursocialtimes.com

Iklan Facebook – sebagai platform media sosial yang telah memiliki banyak user, memasang iklan Facebook tampaknya perlu dilakukan. Terutama bagi Anda pemilik bisnis atau UKM yang ingin merambah dunia digital. Ada 2 (dua) opsi yang bisa Anda pilih, yaitu memasang iklan secara gratis atau berbayar.

Iklan Facebook secara gratis atau berbayar keduanya sama-sama menguntungkan, hanya saja untuk memasang iklan secara gratis Anda harus teliti dan sabar dalam beriklan. Karena segala hal mengenai sharing Anda lakukan sendiri dengan menjelajahi grup atau profil teman-teman Anda di Facebook. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memasang iklan Facebook secara gratis.

Baca Juga : Iklan Facebook Sebagai Sarana Promosi

1. Membuat Fanspage

Iklan Facebook dapat dimulai dengan membuat fanspage Facebook. Cara ini bermanfaat untuk memisahkan akun Facebook pribadi Anda dengan Akun bisnis yang sedang Anda jalankan. Akun pribadi Anda dapat Anda gunakan untuk membagikan konten atau penawaran dari fanspage Anda. Selain itu juga agar pengguna Facebook yang lain tidak terganggu dengan akifitas bisnis anda melalui Facebook, terutama teman-teman Anda. Jangan lupa untuk menentukan kategori yang mewakili brand Anda.

Buka Home Facebook Anda, pada bagian kiri bawah lihat kotak kolom seperti pada gambar 1 di bawah ini, dan klik Page untuk membuat fanspage baru.

gambar 1. iklan facebook gratis / sumber: www.facebook.com
gambar 1. iklan facebook gratis / sumber: www.facebook.com
Baca Juga : Trik Ecommerce Dalam Meningkatkan Penjualan

Kemudian pilih kategorisasi yang mewakili brand Anda. Beberapa pilihan ketegori tersebut yaitu “Local Business or Place”, “Company, Organization or Institution”, “Brand or ProductTop of Form”, “Artist, Band or Public Figure”, “EntertainmentBottom of Form” dan terakhir “Cause or Community”.

Kemudian atur dan kelola Facebook Fanspage sesuai kebutuhan. Anda bisa mulai dengan update status disertai foto atau artikel sesuai brand yang dibahas. Lengkapi profil dan gunakan foto profil yang merepresentasikan brand Anda. Cara ini bermanfaat agar brand Anda tidak dikira akun abal-abal. Selanjutnya lakukan update brand Anda secara kontinyu sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Ambang Batas Pembayaran Google AdSense

2. Cari Teman Target

Cara kedua untuk dapat memasang iklan Facebook secara gratis yaitu dengan invite semua teman Anda di Facebook untuk menyukai (Like) Fanspage Anda. Jika masih kurang, gunakan fitur pencarian pada Facebook. Ketik keyword sesuai brand Anda, bisa jadi hasil yang keluar adalah fanspage atau grup. Buka satu persatu fanspage dari hasil pencarian. Amati dengan seksama dan jeli status dari fanspage yang mendapatkan banyak suka atau komentar.

Klik List yang menunjukkan siapa saja yang telah memberikan Like dan komentar dengan meng-klik. Daftar orang-orang inilah yang memiliki interest atau ketertarikan terhadap topik atau bisnis anda. Merekalah pengguna Facebook yang potensial untuk anda jadikan sebagai teman. Ulangi cara ini beberapa kali dengan menggunakan keyword lain yang merepresentasikan brand Anda.

Selain 2 (cara) di atas, masih ada cara lagi yang dapat Anda lakukan untuk memasang iklan Facebook secara gratis. Apa sajakah itu? Nantikan di artikel selanjutnya.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia
Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here