cashback

Bagi anda pengguna online shop pasti sering mendengar istilah cashback. Yap..promo yang biasa digunakan sebagai strategi dari e-commerce untuk menjaring pelanggan supaya membeli barang tertentu.

Cashback merupakan penawaran yang memberi persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Berikut ulasan tentang macam-macam cashback…

Baca juga:
Sertifikasi Digital Marketing untuk Mengasah Skill dalam Bidang Digital Marketing

Cashback Banyak Macamnya

Pengembalian uang biasanya berupa potongan harga dari suatu barang. Misalnya jika Anda membeli barang dengan harga 50 ribu rupiah dan ada promo sebesar 50 persen maka uang yang akan dikembalikan yaitu 25 ribu rupiah. Apakah uang tersebut langsung masuk ke rekening Anda? Bisa iya bisa tidak tergantung jenis yang digunakan.

Cashback kartu kredit adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu bank tertentu yang memberikan keuntungan kepada nasabahnya dengan memberikan pengembalian sejumlah uang bila melakukan transaksi tertentu. Jenis ini biasanya memberikan potongan harga dari hasil pembelanjaan yang dilakukan. Uang yang dikembalikan langsung bisa cair melalui rekening Anda.

Tentunya pengembalian uang transaksi tergantung dari kebijakan masing-masing bank dan jenis kartu. Semkain besar transaksi yang Anda lakukan, maka semakin besar pula jumlah uang yang dapat dikembalikan.

Jika diakumulasikan, keuntungan yang diperoleh tiap bulan bisa digunakan untuk membayar iuran bahkan tagihan bulanan atau berbelanja kebutuhan sehari-hari. Menarik Bukan?

Selanjutnya ada cashback toko online. Banyak market place yang menawarkan promo di hari-hari tententu atau bahkan pada pembelian barang tertentu. Namun, jenis ini bukan berupa pengembalian uang tunai langsung. Biasanya dipakai pada pembelanjaan berikutnya di online shop yang sama.

Konsumen sangat diuntungkan dengan promo ini karena menghemat pembelian berikutnya, sedangkan dari pihak online shop hal ini bisa membentuk consumer loyalty karena konsumen sudah pasti akan kembali lagi berbelanja di online shop mereka.

Strategi cashback ini akan terus berkembang karena bukan hanya menguntungkan bagi pembeli tetapi juga penjual berkesempatan untuk membranding produk yang dijual. Namun, pastikan promo yang digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:
Tren Marketing Instagram yang Booming di Tahun 2019