onlineshopping

Perbedaan E-Commerce, Marketplace dan Online shop – Aktivitas belanja online tentu sudah tak asing lagi. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, belanja online menjadi hal yang sangat diminati di masyarakat. Selain mudah dan efektif, belanja online menjadi populer di masyarakat karena pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan meskipun lokasi penjual yang sangat jauh. Harga yang relatif lebih murah dari toko konvensional juga menjadi salah satu alasan. Pelayanan dan komunikasi antara pelanggan dan penjual merupakan kunci sukses dalam hal ini. Namun yang perlu kita ketahui ada beberapa kategori dalam sistem penjualan secara online yaitu E-commerce, Marketplace dan Online Shop. Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga :  Fitur yang harus dimiliki website E-Commerce

E-Commerce

E-commerce adalah sebuah website yang hanya menjual 1 merk atau brand. Dalam website ini memungkinkan pembeli untuk memilih dan membeli barang yang diinginkan, berdiskusi dengan penjual serta melakukan proses pembayaran sesuai dengan harga barang ke penjual.

Marketplace

Marketplace adalah sebuah website jual beli yang hampir mirip dengan E-Commerce, dimana dalam website ini memungkinkan adanya aktivitas jual beli, diskusi produk antara penjual dan pembeli serta melakukan proses pembayaran sesuai dengan harga barang kepada penjual melalui pemilik / pengelola website. Sistem marketplace adalah sebuah website yang memberikan layanan pada para penjual untuk bisa menampilkan produk – produk mereka dalam website ini. Contoh marketplace di indonesia ialah Tokopedia dan Bukalapak.

bukalapak-tokopedia

Baca Juga : Perbedaan Website dan Blog

Online Shop

Online Shop yang sebenarnya adalah istilah dalam jual beli secara online. Di indonesia sendiri online shop sudah mulai banyak bermunculan sejak kedatangan aplikasi BlackBerry Messenger beberapa tahun silam. Terkadang pemilik online shop juga menggunakan marketplace untuk memasarkan produk yang dijual dan tak jarang pula mempromosikan produk – produknya di instagram, facebook dan media sosial lainnya. Dalam online shop juga tak menutup kemungkinan adanya tawar menawar antara penjual dan pembeli.

Baca Juga : Memaksimalkan Fungsi Website dalam Bisnis Anda

Pada dasarnya ketiga sistem jual beli secara online ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing tergantung pada calon pembeli akan lebih merasa nyaman berbelanja online dimana. Itulah penjelasan dari ketiga sistem jual beli secara online yang populer di indonesia.

Salam Digitizer!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.