engagement


Engagement menjadi kunci kesuksesan berbisnis dalam sosial media, Instagram. Komunikasi menjadi landasan bagi penjual dan pembeli untuk menyepakati suatu hal. Hubungan dua arah tersebut bisa berlangsung secara maupun online. Kini, masyarakat dunia lebih memilih meakukan transaksi dalam jaringan. Hal tersebut yang  memacu seller untuk menarik perhatian audience melalui berbagai cara dalam sosial media. Apa kiat menjalankannya dengan baik?

Baca Juga: Auto-reply for Whats, Aplikasi Balas Pesan WhatsApp Otomatis

Padatkan Konten

Konten dalam Instagram merupakan perpaduan caption dan gambar. Untuk meningkatkan minat audience, Anda bisa memadatkan unsur dalam konten. Dalam bentuk visual, Anda bisa menyesuaikan dengan profil bisnis Anda. Jika ingin mencitrakan toko yang elegan dan dewasa, Anda bisa menggunakan warna-warna monochrome dan desain yang simple. Padukan warna hitam, putih, dan abu-abu dengan garis yang membingkai tulisan/ gambar yang ada. Dalam bentuk tulisan, anda bisa menyuratkan ajakan- ajakan positif yang bisa dilakukan audience dalam kehidupan. Tentunya, selipkan bisnis anda ke dalamnya dan libatkan followers dalam diskusi yang Anda lemparkan.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Aturan IMEI pada Ponsel

Gunakan Hashtag, Naikkan Engagement

Hashtag bisa menjadi saluran bagi datangnya pengguna Instagram ke profil Anda. Dengan menggunakan hashtag, visibilitas postingan Anda akan lebih banyak.  Melalui tagar, Instagram akan lebih mudah memetakan postingan serupa yang akan muncul dalam fitur search maupun discovery. Tagar ini dapat Anda sertakan di akhir bagian dari caption. Anda bisa menggunakan 10 hingga 15 hashtag yang terkait dengan konten ataupun profil bisnis.

Cross- Promote Matters

Promosi lintas sosial media sangatlah umum belakangan ini. Hal ini malah disarankan karena bisa menyita perhatian pengguna dengan lebih efektif. Melalui proses ini, Anda bisa melebarkan sayap bisnis Anda sekaligus. Terlebih, Facebook sudah mengakuisisi Instagram sehingga akan memudahkan Anda menghubungkan dua akun dalam sosial media yang berbeda.

Baca Juga: Artificial Intelligence Untuk Efektivitas Bisnis Online

Optimalkan Shoppable Tag

Shoppable tag akan memudahkan pelanggan mengetahui harga produk yang Anda tawarkan. Cukup dengan mengetuk gambar yang diposting, pelanggan bisa langsung melihat price tag serta nama produknya. Namun, fitur ini masih sedang dikembangkan, sehingga Anda perlu sedikit bersabar untuk mendapatkan aksesnya.

Engagement perlu ditingkatkan untuk para Online-sellers. Melalui tips dan trik di atas, engagement yang tinggi bisa Anda dapatkan.