Sektor pariwisata Indonesia diproyeksikan akan semakin berpotensi ditahun 2019.

“Ada tiga hal yang dilakukan pemerintah untuk kemudahan masuk ke Indonesia yakni kebijakan bebas visa, menyederhanakan aturan bagi masuknya kapal pesiar asing atau yacht, dan mencabut asas cabotage untuk cruise asing” – Tutur mentri pariwisata Arief Yahya saat memberikan pidato kuncinya dalam ajang Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2019 yang digelar oleh Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) dan didukung oleh Kementerian Pariwisata di Sumba Room, Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 26 November lalu.

Baca Juga : Era Digital, Kuatkan Sektor Pertanian

Selaras dengan populasi startup Indonesia yang semakin meningkat, banyak pula startup yang bergerak dibidang Travelling. Berikut ini adalah startup travelling karya anak bangsa.

1. Gogonesia
Gogonesia merupakan layanan pemesanan paket tur dan petualangan secara online. Melieyana Tjioe mendirikan startup ini dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

2. Travacello
Travacello merupakan online platform yang menawarkan berbagai macam paket travel khusus wilayah Indonesia saja. Tidak seperti layanan travel lain yang juga menyediakan penjualan tiket pesawat dan voucer hotel, startup memilih untuk fokus kepada penjualan paket perjalanan ke berbagai destinasi tanah air. Ada dua jenis paket yang mereka jual, Open Trip Package dan Private Trip Package.

Baca Juga : Mendirikan Startup? Jangan Untuk Diinvest?

3. Jejakku
Jejakku merupakan marketplace yang menawarkan berbagai macam paket travel dari penyedia jasa paket travel di Indonesia. Startup ini memungkinkan para agen tur menawarkan paket-paket travel mereka di aplikasi dan situs Jejakku.

4. TripTus
TripTrus adalah platform bertujuan untuk memudahkan wisatawan mencari paket perjalanan berdasarkan waktu senggang mereka, jenis aktivitas, tujuan, dan anggaran dana yang dimilikinya.

5. Tripal
Tripal memudahkan wisatawan untuk liburan tanpa terikat dengan paket yang umumnya disiapkan oleh startup OTA. Dengan mengusung model “Airbnb untuk pariwisata”.

Baca Juga : Strategi Storytelling Dalam Berjualan

Demikian lima pilihan startup yang bergerak di bidang pariwisata, Peran millennial Indonesia dalam industri kreatif ini cukup besar karena basis ekonomi kreatif adalah Kreatifitas Pemikiran Anak Muda.

Salam Digitizers