Pertanian merupakan roda penggerak ekonomi nasional. Selain bertujuan memenuhi hajat hidup masyarakat, sektor itu juga berguna untuk mendongrak citra Indonesia di mata dunia

Saat ini banyak sekali platfrom yang menawarkan kemudahan berinvestasi khususnya di bidang pertanian, yang menawarkan investasi dengan skema P2P Lending, skema ini menemukan antara investor atau pihak pemberi pinjaman kepada pihak yang membutuhkan pinjaman.

Baca Juga : Tips and Trick WA Business 

Ada beberapa platfrom investasi pertanian di Indonesia, mari simak ulasan berikut ini :

1. Tanifund
TaniFund merupakan anak perusahaan dari TaniHub (Marketplace Produk Pertanian). TaniHub menghubungkan para petani dari berbagai daerah di Indonesia dengan para pelaku bisnis. Namun, petani di Indonesia banyak yang mengalami masalah utama berupa pembiayaan, Tanifund sendiri sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

2. Crowde
Crowde adalah platform investasi yang bergerak khusus di agrikultur, didirikan sejak September 2015. Crowde didirikan untuk menjembatani kebutuhan permodalan yang kerap dialami para petani dengan investor yang tertarik menaruh modal di bidang agrikultur. Crowde juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK

Baca Juga : Sukses Berjualan Di Instagram Hindari Hal Berikut

3. iGrow
iGrow adalah sebuah platform yang membantu petani lokal, lahan yang belum optimal diberdayakan, dan para investor penanaman untuk menghasilkan produk pertanian organik berkualitas tinggi. iGrow bukanlah semata produk dengan visi komersial saja, tapi juga punya misi besar untuk bisa melestarikan kehidupan di bumi.

4. Eragano
Eragano memberikan solusi praktis dan tepat terhadap permasalahan dan kebutuhan petani kecil. dengan menghubungkan pemberi
modal, perusahaan penyedia jasa produksi tani, industri sebagai pasar baru , dan memberikan edukasi serta pelatihan bertani untuk mendukung kesejahteraan petani kecil.

Baca Juga : Menembus Pasar Luar Negeri Dengan Internet

Itu tadi empat platform yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi digital di sektor pertanian. Dengan berinvestasi di empat perusahaan tersebut, kita juga sekaligus membantu memberdayakan dan menambah kesejahteraan kepada petani.

Tapi sebelum berinvestasi, pelajari dan pahami dulu betul-betul dulu sistem investasi dari keempat startup tadi.

Salam Digitizers