Bila Anda memikirkan sosial media, nama-nama seperti Facebook,Twitter dan Instagram mungkin segera muncul dalam pikiran anda. Dan menjadi strategi untuk menarik banyak konsumen.

Tapi bagaimana dengan aplikasi messenger? Menurut Business Insider, messenger juga termasuk sosial media dalam hal pengguna. Dan aplikasi messenger semakin banyak digunakan untuk pemasaran.

Baca Juga : Startup Fintech Paling Populer!

Yang terdepan dalam aplikasi sosial media messenger di sebagian besar dunia adalah WhatsApp (jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Apa Kabar) dengan 1,2 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Penetrasi pasar semacam itu tidak bisa diabaikan. Tapi bagaimana Anda bisa secara efektif menggunakan WhatsApp untuk marketing? Sudah lama Whatsapp meluncurkan layanan Whatsapp khusus bisnis sama seperti Line yang mempunyai Line@, Whatsapp juga mempunyai WA Business.

Berikut tips dan trik  menggunakan WA Business :

1. Mendaftar lalu mengubah ke profile bisnis dan mengisi kelengkapan data bisnis

Setelah sudah mendaftar di akun Whatsapp biasa, anda bisa ke pengaturan akun untuk mengubah ke akun bisnis, selanjutnya mengisi data secara lengkap seperti alamat toko, Jam buka dan produk unggulan.

2. Terdapat panel statistik pesan

Hal ini yang memudahkan para pebisnis, karena terdapat , fiture ini memudahkan owner untuk mengetahui berapa banyak pesan yang diterima dan dikirimkan kepada pelanggan.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Di Social Media

3.Membuat away message

Away Message biasanya digunakan untuk membantu pelaku bisnis tetap terhubung ke konsumen ketika mereka tidak sedang di tempat atau layanan sedang tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban otomatis ketika seorang pelanggan mengirimkan pesan.

4.Membuat pesan pembuka

Sama halnya seperti Line@ yang ketika kita menambahkan akun bisnis tersebut aka nada pesan pembuka hal ini juga berlaku pada WA Bisnis. Saat kita menambahkan mereka, akan muncul pesan pembuka di dalamnya.

5.Membuat Jawaban Cepat

Respon owner atau customer service kepada konsumen menjadian point tambahan bagi konsumen, di WhatsApp Business Anda juga bisa membuat jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal serta menjadi fastrespon seperti yang diinginkan pelanggan.

Baca Juga : Berbisnis online dengan Facebook ads

Demikian tadi 5 strategi menggunakan WhatsApp Business yang bisa Anda coba praktikkan untuk strategi marketing anda. Secara umum, ada banyak sekali fitur yang mirip dengan versi personal, kecuali menu Business Settings. Jadi, seharusnya yang sudah terbiasa menggunakan WhatsApp tak akan menemukan banyak kesulitan.

Di bagian terdepan, WhatsApp Business juga menampilkan tiga menu tab utama, yaitu Chat, Status dan Call. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

 

Salam Digitizers