social media marketing

Digitizer, pasti sudah banyak menemui bisnis online yang menggunakan social media. Dilansir dari We Are Social, rata-rata masyarakat Indonesia mengakses social media sekitar 23 menit tiap harinya. Hal tersebut membuat bisnis online di Indonesia banyak bermunculan. Untuk itu, demi kelancaran bisnis maka perlu bagi para pebisnis online untuk mempelajari social media marketing.

Social media marketing merupakan proses meraih kunjungan pengguna internet ke situs tertentu atau perhatian khalayak melalui situs-situs social media. Dalam menjalankan social media marketing ada 2 cara, yaitu mengelola social media itu sendiri dan memanfaatkan iklan.

social media marketing
Intan Fitranisa, Head of Brand Communication Kinetic Indonesia menjelaskan tentang social media

Kini tak hanya bisnis online yang memanfaatkan media sosial, namun juga perusahaan-perusahaan besar, salah satunya BUMN. Pada Sabtu (15/9), tim Kinetic Indonesia berkesempatan untuk sharing knowledge seputar media sosial dan pemasaran di media sosial kepada pegawai Bank Indonesia di Banyuwangi.

Lalu, bagaimana penerapan social media marketing bagi perusahaan plat merah tersebut? Berikut tipsnya.

Baca Juga : Kualitas Pelayanan Juga Investasi

Mamanfaatkan Social Media dalam Menjalankan Social Media Marketing

Bagaimana mengelola social media untuk menjalankan teknik pemasaran? Ada hal-hal penting yang perlu dilakukan, antara lain menyiapkan konten, menjadwal posting, menggaet banyak followers.

Menyiapkan Konten

Mengapa ini penting? Karena konten merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh khalayak. Apabila konten tidak menarik, maka kemungkinan untuk produk atau akun Anda dilihat akan semakin kecil. Melalui konten yang menarik pula pesan yang ingin Anda sampaikan tertuang di sana. Jadi memastikan konten menarik dan informatif itu penting.

Bicara mengenai konten, hal yang perlu disiapkan adalah desain postingan serta caption. Desain postingan ini sebaiknya tidak terlalu banyak teks. Sedangkan untuk caption, Bahasa yang dgunakan sebaiknya tidak terlalu formal. Mengingat media sosial lebih banyak digunakan untuk keperluan hiburan dan berjejaring.

Baca Juga : Apa Itu Flash Sale?

Menjadwal Posting

Kini di semua social media kita bisa melakukan penjadwalan posting. Penjadwalan tersebut bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Later atau PLANN untuk penjadwalan posting di Instagram. Bagaimana dengan Facebook? Biasanya bisa dengan melakukan sinkronisasi melalui Instagram. Postingan yang rutin tentu dapat menunjukkan bahwa akun Anda aktif dan masih dikelola. Sehingga orang yang mengikuti akun Anda akan terus menunggu update terkini dari Anda.

Menggaet Banyak Followers

Semakin banyak followers yang mengikuti akun social media Anda, maka kemungkinan untuk setiap postingan Anda dilihat akan semakin besar. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat apabila Anda melakukan penyebaran informasi berupa promosi di social media.

Baca Juga : Apple Resmi Merilis 3 Seri iPhone Terbaru

Menggunakan Iklan untuk Mendukung Social Media Marketing

Setelah konten yang menarik, postingan rutin dan followers yang banyak, Anda bisa mendukungnya dengan bantuan iklan di media sosial. Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads. Biaya yang Anda keluarkan pun bisa disesuaikan. Semakin besar anggaran iklan per hari, maka semakin luas pula khalayak yang bisa Anda jangkau dengan iklan tersebut.

Secara garis besar, penerapan social media marketing bagi semua pihak itu sama, baik pebisnis online, perusahaan, hingga BUMN.

Bagaimana? Semoga bermanfaat, ya! Mari berbagi pengalaman dalam menjalankan social media marketing di kolom komentar.

Salam Digitizer