hari pelanggan nasional

Hari ini, Selasa (4/9), merupakan Hari Pelanggan Nasional. Kali ini Infodigi akan mengulas sedikit tentang peringatan tersebut. Yuk simak, Digitizer!

Hari Pelanggan Nasional – Awal Mula Dicetuskan

Pertama kali dicetuskan oleh Handi Irawan pada tahun 2003. Hal tersebut didasari oleh semangat dalam meningkatkan pelayanan pelanggan. Karena selain merupakan kewajiban di banyak perusahaan, juga memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Memahami pelanggan perlu dilakukan secara kontinyu.

Terlebih harapan dari pelanggan selalu mengalami peningkatan yang membuat mereka belum benar-benar terpuaskan. Begitu dicetuskan, Harpelnas ini langsung disambut baik dan didukung oleh banyak pihak. Harapannya, dengan memperingati Harpelnas ini peningkatan kualitas pelayanan terus ada.

Baca Juga : Web Series Promosi Masa Kini

Pada pidatonya yang lalu seperti dilansir marketing.co.id, Handi Irawan berkeinginan agar pelanggan tidak hanya diposisikan sebagai sumber pemasukan dan sarana bisnis, tetapi juga dianggap sebagai jiwa bagi keberlangsungan bisnis yang para pebisnis jalankan. Ia juga menambahkan, pelanggan adalah asset penting bagi perusahaan. Para pebisnis perlu memikirkan hal apa saja yang bisa diupayakan untuk meraih loyalitas pelanggan. Apabila hubungan baik dengan pelanggan terjaga, menghadapi persaingan bisnis bisa lebih mudah.

Selain itu tak hentinya Handi menyampaikan agar pada setiap peringatan Harpelnas, pelanggan benar-benar diistimewakan dan diberi pelayanan ekstra. Meski hanya dilakukan setahun sekali, kesan yang membekas di hati pelanggan bisa mendorong mereka untuk loyal terhadap produk dari bisnis tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Flash Sale?

Peringatan Harpelas di Indonesia

Adanya media sosial memudahkan para pelaku bisnis untuk memviralkan kegiatan Harpelnas yang mereka adakan. Pada tahun 2017 lalu, Harpelnas dimeriahkan dengan para petugas yang melayani pelanggan dengan kostum khusus, mendekor toko atau kantor dengan apik, hingga memberikan makanan atau souvenir gratis untuk pelanggan.

Masih banyak yang bisa dilakukan para pebisnis dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Pahami pelanggan Anda dan bangun hubungan baik dengan mereka. Karena pelanggan adalah asset terpenting bagi perusahaan Anda.

Itulah sekilas info mengenai Hari Pelanggan Nasional yang tiap tahunnya diperingati oleh masyarakat Indonesia. Nah, Digitizer.. Sudahkah Anda berpartisipasi dalam Harpelnas?

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesian