Tren Digital Marketing untuk Investasi – Kurangnya strategi diam-diam bisa merusak bisnis Anda secara perlahan. Ada pepatah yang mengatakan, bahwa semakin awal strategi disusun, maka semakin baik juga hasil yang diperoleh. Ini sangat lekat hubungannya dengan digital marketing yang sedang atau mungkin akan berjalan di bisnis Anda. Tidak seperti marketing tradisional, marketing di era digital mengikuti tren yang sedang terjadi secara real time dan cepat berubah. Untuk itu, perlu disusun strategi. Salah satunya dengan memahami tren digital marketing yang sedang hype di tahun ini. Investasi dalam digital marketing yang kian marak mengharuskan pelaku bisnis memahami tren tersebut sehingga peluang ROI (Return of Investment) dapat dimaksimalkan sedemikian rupa. Kira-kira apa sajakah tren tersebut? Mari kita ulas bersama.

Baca Juga: Hashtag Digital Marketing

Video marketing

Melejitnya popularitas Youtube dan Instagram memang bukan tanpa alasan. Khalayak masa kini lebih tertarik untuk melihat informasi yang dikemas dalam bentuk video daripada membaca teks. Namun, pengemasan suatu video yang memang ditujukan untuk keperluan marketing tidak bisa dibikin asal jadi saja. Perlu adanya konsistensi, rencana, dan skill editing mumpuni supaya sebuah video marketing bisa benar-benar menciptakan engagement kepada audiens. Namun ternyata, selain video marketing dalam bentuk well made package, selanjutnya muncul juga tren live streaming yang terkesan apa adanya namun diam-diam bisa mengait hati audiens.    

Strategi marketing lintas platform

Tidak cuma satu. Bisa dua atau lebih platform yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Kemudahan akses informasi menggiring fenomena baru yang menyiratkan bahwa mereka selalu haus akan rasa penasaran akan sesuatu yang baru. Tren ini kian menguat dan harus disikapi dengan bijak. Pastikan tersedianya budget karena tren ini diprediksi akan terus berlangsung dan semakin susah untuk diprediksi. Siapa tahu ada platform baru bermunculan yang ternyata di dalamnya menyimpan sejuta peluang namun menunggu untuk ditemukan.

Baca Juga: Optimasi Website untuk Digital Marketing

SEO

Masyarakat saat ini semakin canggih serta kritis dalam mencari apa yang mereka mau. Kabar baiknya, search engine seolah menuntun mereka ke jalan yang tepat dengan seiring baiknnya penafsiran sistem terhadap kata kunci yang dicari. Tren SEO akan bertambah lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Jika Anda mengaku sudah khatam SEO, harus benar-benar ditelaah kembali kredibilitasnya karena akan segera muncul trend voice search dimana sistem tidak akan lagi dituntut untuk mengenali suara, namun justru memahaminya.

Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apapun. Salah satunya terjun dalam dunia digital marketing. So, siap untuk ikuti tren investasi digital marketing saat ini?

Salam Digitizers