millenial

Generasi millenial menjadi generasi yang memegang peranan penting dalam dunia digital saat ini. Mereka terlahir dan bertumbuh dalam lingkungan internet yang sudah maju. Tidak heran apabila mereka sangat cepat beradaptasi dengan pembaharuan teknologi. Di Indonesia saja, jumlah millenial mencapai 90 juta jiwa pada tahun 2018. Sebagai generasi yang memiliki angka cukup besar dan melek teknologi, mereka menjadi sasaran utama bagi para penyedia layanan/ jasa online. Bagaimana cara menarik perhatian agar bisnis Anda memiliki ruang di pikiran mereka?

Optimalkan Sosial Media

Tiga jam merupakan waktu yang dihabiskan oleh millenial untuk mengakses internet melalui smartphone mereka. Dalam pengaksesan internet, mereka memilih untuk menghabiskan waktu dengan membuka sosial media. Sosial media dinilai sebagai tempat mendapatkan informasi yang utama.

Berita, konten lucu, berbelanja bisa didapatkan hanya dengan membuka Facebook, Twitter, maupun Instagram. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus mengoptimalkan sosial media dengan memberikan konten yang outstanding dan out of the box sesuai dengan kepribadian millenials.

Baca Juga: Pahami Perilaku Pengguna Sosial Media tahun 2019

Konten Komunikatif

Setelah mengetahui media yang sesuai dengan generasi ini, pelaku bisnis harus mengetahui kebutuhan mereka. Generasi ini lebih menyukai obrolan santai, humoris, dan melakukan komunikasi 2 arah. Mereka sudah lelah bertumbuh dalam perkembangan teknologi yang sangat cepat, jadi jangan jejali mereka dengan iklan yang sangat monotone.

Katakan tidak pada teknik marketing yang hanya mengobral janji dan terkesan menekan mereka. Selain itu, millenials juga sangat haus akan inspirasi dari anak muda lainnya. Tak heran apabila influencer banyak bermunculan dan menjadi ambassador berbagai produk. Hal tersebut ditujukan untuk menarik perhatian anak muda  agar mereka merasa terikat dengan sebuah brand atau produk.

Baca Juga: Influencer Marketing Masih Menjadi Primadona di Tahun 2019

Lakukan Uji coba atau Sampling

Untuk mengetahui keinginan para millenial, Anda bisa memulai dengan sebuah pertanyaan mengenai apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan. Setelah itu, coba kombinasikan dengan produk Anda dan tawarkan pada mereka untuk menguji langsung.

Dengan begitu, mereka memiliki pengalaman langsung dan ikut terlibat dalam lahirnya sebuah produk yang sesuai. Hal ini tidak hanya dilakukan di satu lokasi, Anda harus merealisasikan sampling dengan mengadakan campaign serupa di beberapa kota besar yang menjadi target utama bisnis Anda.  

Baca Juga: 5 Situs Jual- Beli Online Terbaik

Mengetahui media, memperbaiki konten dan melakukan uji coba menjadi trik utama untuk menggaet perhatian millenial. Dengan memberikan kenyamanan dan memberi jawaban atas keinginan dan kebutuhan para anak muda, Anda akan mendapatkan kepercayaan millenials.

Salam Digitizer