marketplace

Marketplace, sering disebut namun tak banyak yang berani terlibat ke dalamnya. Kebanyakan pemilik usaha hanya mengandalkan website atau media sosial saja. Padahal, jika Anda jeli, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berjualan melalui platform e-commerce yang satu ini. Dampak positif itu tidak hanya dirasakan oleh pembeli, namun banyak keuntungan yang ditawarkan untuk penjual juga. Beberapa contohnya adalah bonus yang bisa didapat, kupon- kupon, dan fitur yang memudahkan penjual.Sangat disayangkan apabila tidak melihat marketplace sebagai peluang melebarkan bisnis Anda. Apalagi, nilai transaksi perdagangan online Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2014,  nilai transaksi perdagangan online berada di kisaran 25,1 triliun rupiah. Namun, angka ini melambung jauh pada 2 tahun berikutnya. Tahun 2016, dimana toko online mulai menjamur, nilai transaksi telah meroket ke angka 108.4 triliun rupiah.

Baca Juga: Mata Uang Kripto, Apa Itu?

Keuntungan Marketplace

Shopping with no boundaries sudah menjadi semboyan bagi masyarakat di era ini. Pembeli darimana saja dan kapan saja dapat mengakses produk yang ingin dibelinya. Terlebih lagi, marketplace umumnya telah mengelompokkan berbagai produk berdasarkan jenis hingga rentang harganya. Tidak hanya itu, calon pembeli juga lebih mudah untuk membandingkan satu toko dengan yang lain. Hal ini yang menjadikan persaingan ekonomi antar penjual lebih sehat dengan menawarkan promo yang lebih diantara yang lain. Dari sisi penjual, proses tanya jawab dengan calon pembeli, pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman juga lebih mudah. Pembeli tidak perlu membuka berbagai macam aplikasi untuk menjalankan transaksi. Melalui satu aplikasi marketplace, semua dapat teratasi.

Baca Juga: Rumah.com Situs Pencarian Properti Terbaik

Nilai Transaksi yang Semakin Naik

Di bulan ramdhan lalu, Tokopedia mencetak rekor dengan nilai transaksi sebesar US$1,3 miliar atau setara dengan Rp18,5 triliun. Angka tersebut lebih besar dari jumlah nilai transaksi 6 tahun awal berdirinya Tokopedia. Hal serupa juga terjadi di Shopee, yang mencatat kenaikan transaksi penjualan mencapai 300% dibanding periode yang lalu.

Baca Juga: Instagram Down Lagi, Apa Dampaknya?

Setiap e-commerce menjanjikan keuntungan, demikian halnya dengan marketplace. Dengan fitur yang ada serta naiknya daya beli, keuntungan yang didapat semakin bertambah dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, Anda patut mencoba platform yang satu ini.