Setelah mengalami puasa sosial media pada bulan lalu, rakyat Indonesia harus bersabar kembali pada 13 Juni 2019. Sejak dini hari ribuan netizen mencuitkan tulisan dengan menggunakan tagar Instagram down di Twitter. Apa dampak buruknya bagi online shoppers?


Keterlambatan Posting


Sebagai marketer yang memasarkan produknya melalui sosial media, kesulitan dalam mengakses Instagram menjadi masalah yang besar. Posting schedule yang sudah tersusun rapi terpaksa harus mundur. Dengan begitu, proses pemasaran juga harus tertunda sehingga target tidak tercapai dengan baik.

Baca Juga: Manfaatkan Fitur Toko Libur untuk Menikmati Liburan


Proses Jual-Beli Tertunda


Kemudahan jual- beli online yang memberikan penawaran melimpah harus terkena imbasnya. Transaksi yang seharusnya berjalan anytime, anywhere juga harus kembali ke cara konvensional.


Dengan efek yang ada, apakah turunnya kinerja Instagram ini dapat dibereskan? Berikut cara mengatasinya.

Baca Juga: Langgar Aturan, Kominfo Siap Blokir Aplikasi Transportasi Online


Optimalkan Sosial Media yang Lain


Instagram memang media sosial yang paling digandrungi akhir-akhir ini. Jumlah penggunanya yang aktif lebih banyak dibanding pendahulunya, seperti Facebook dan Twitter. Namun, seperti yang sudah diketahui banyak orang, mereka memiliki kekuatan untuk menarik calon pembeli. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan media sosial selain Instagram saat mengalami kesulitan akses. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengingat bahwa Instagram dan Facebook memiliki akses yang sama. Sehingga, kedua media sosial tersebut rentan mengalami gangguan di saat yang bersamaan. Cara lain yang bisa diambil adalah mengoptimalkan Twitter sebagai alat penarik calon pembeli.

Baca juga: Pemerintah akan Larang Perusahaan Ojek Online Beri Diskon Tarif


Gunakan VPN Premium


Meskipun sempat ramai mengenai pemberitaan bahayanya menggunakan VPN untuk mengakses akun pribadi, namun VPN premium bisa jadi jalan pintas. Dengan menggunakan VPN premium data Anda tersimpan lebih baik namun harus tetap waspada.


Instagram down memang membawa petaka bagi pebisnis online , seperti kacaunya jadwal pemasaran dan tertundanya transaksi. Namun, bukan berarti tidak dada jalan keluar agar Anda tetap bisa memasarkan produk. Anda bisa mengoptimalkan media sosial yang lain atau menggunakan VPN berbayar yang lebih aman.