Sebagai penjual, mendapatkan pesanan pasti sebuah kesenangan namun hal ini tidak berlaku saat memasuki masa libur. Sempat kecolongan dapat order di saat hari libur panjang kemarin menjadi beban pikiran tersendiri bagi seller. Ingin mengabaikan pesanan yang masuk malah mendapat penalti dari pihak penyedia, namun jika diindahkan akan mengganggu ketenangan. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi karena marketplace sudah memiliki fitur toko libur yang meringankan beban Anda saat liburan. Toko libur ini akan mengubah akun jualan Anda ke mode nonaktif untuk sementara. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi untuk menikmati liburan tanpa memikirkan lapak jualan. Berikut beberapa langkah mengaktifkan fitur toko libur dalam berbagai marketplace.

Baca Juga: Apa Itu Deep Web, dan Apa Saja yang Ada Didalamnya?


Tutup Toko di Tokopedia


Unicorn yang satu ini menyadari bahwa manusia sebagai makhluk hidup perlu jeda daei aktivitas harian. Pun para penjual yang menyediakan barang lewat Tokopedia. Fitur ini diberi nama “Tutup Toko”. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat beristirahat sejenak tanpa terkena penalti toko. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengatur jangka waktu toko libur dan menuliskan alasannya. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat di web Tokopedia berikut.

Baca Juga: LINE Pay Jalin Kerja Sama dengan Visa, Hadirkan Solusi Fintech Baru


Tutup Lapak di BukaLapak


Marketplace karya anak bangsa ini juga memanjakan pelapaknya dengan memberikan fitur tutup lapak. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa menikmati masa rehat dengan lebih tenang. Hampir sama dengan Tokopedia, di BukaLapak Anda hanya perlu mengatur jangka waktu akun tutup hingga buka kembali. Tak lupa, Anda juga perlu membubuhkan alasan pada kolom yang disediakan.

Baca Juga: Pelayanan 3 Terhadap Pelanggan Selama Liburan dan Perjalanan Mudik


Toko Libur a la Shopee


Fitur toko libur yang disediakan Shopee juga memiliki fungsi yang sama. Dengan mengatur jangka waktu toko akan tutup, Anda bisa bersantai sejenak tanpa mengurus pesanan yang masuk dari pelanggan. Seluruh produk Anda akan ditampilkan secara normal tetapi produk di toko Anda tidak dapat dicari oleh pengguna lain. Perlu diingat bahwa Anda tetap harus menyelesaikan pesanan yang dibuat sebelum fitur ini diaktifkan. Selama fitur ini aktif, Anda tidak dapat mengubah informasi, menambahkan, mengarsipkan/ menampilkan produk.


Dengan memahami fitur yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia layanan, Anda akan merasa sangat terbantu. Salah satunya adalah toko libur yang membantu Anda menikmati liburan dengan lebih khidmat.