messaging apps

Aplikasi perpesanan instan sudah sangat melekat dalam kehidupan masyarakat digital. Mengirim pesan berupa teks, suara, maupun video dapat dilakukan melalui satu aplikasi saja. Belum lagi fitur lain- lain seperti berita, permainan, berbelanja juga ditawarkan oleh messaging apps saat ini. Lalu, apakah aplikasi berbasis internet ini patut diperhitungkan sebagai salah satu strategi pemasaran digital?

Aplikasi Perpesanan Instan menguasai smartphone

Sadar atau tidak, aplikasi yang paling sering dibuka adalah messaging apps. Menurut survei oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2018, layanan internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah aplikasi chatting atau layanan pesan instan. Diketahui bahwa pengguna internet di Indonesia bahkan menginstal sampai 4 aplikasi chatting di ponselnya dan Whatsapp merupakan aplikasi chat yang paling banyak digunakan, disusul oleh aplikasi media sosial lainnya seperti Facebook dan YouTube. Dengan jumlah penggunaan yang cukup tinggi, aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alat untuk menarik konsumen.

Pergeseran lifestyle masyarakat digital

Waktu merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia, pun masyarakat digital. Mereka mengingkan hal yang cepat dan mudah dijangkau untuk memenuhi kebutuhan mereka. Gaya hidup ini memunculkan sebuah fenomena digital yang sering disebut on- the- go. Tidak heran jika saat ini bermunculan fitur shop dalam aplikasi perpesanan instan. Selain dinilai lebih praktis, rupanya komunikasi antara penjual dan pembeli dirasa lebih nyata. Chatbots yang digunakan oleh penjual dapat membantu menjawab keinginan konsumen selama 24 jam penuh. Tidak hanya itu, pada jam tertentu biasanya pemilik produk/ jasa menyediakan fitur live chat dengan customer service. Dengan begitu, komunikasi antara seller- buyer dapat berjalan secara dua arah dan kepercayaan pelanggan bisa didapat.

Aplikasi chat menjadi salah satu strategi digital marketing yang akan menguasai tahun ini. Dengan banyaknya jumlah pengguna dan pergeseran gaya hidup masyarakat digital, messaging apps harus dioptimalkan untuk meraih pasar. Jadi, siapkah Anda untuk membenahi strategi marketing pada tahun ini?

Baca Juga

Tren Startup 2019!

Dongkrak Omzet Penjualan Melalui Video Marketing

Startup Gemilang, Sejahterakan Para Peternak Lokal!