tren startup

Pertumbuhan startup di bidang financial technology (fintech) pembayaran, pendidikan, dan agraris dinilai potensial pada 2019. Ketiganya diproyeksi bakal menjadi primadona yang menarik investasi bagi perusahaan-perusahaan modal ventura. Lalu bagaimana tren startup di tahun ini?

Baca Juga : Tri Indonesia Semangat Kembangkan Kreatifitas Anak Muda

Tren startup didominasi oleh aplikasi financial technology

Pada akhir 2018 lalu layanan startup fintech menjadi primadona antara lain, Go-Pay, OVO, Tcash, DANA dan sejenisnya. Aplikasi tersebut memberikan kemudahan bertransaksi sekaligus promo yang melimpah.

Pada beberapa tahun kebelakang juga fintech sangat mendapat respons positif dari masyarakat. Kehadiranya sangat di apresiasi penuh dan banyak yang langsung menggunakanya. Seperti kehadiran OVO di pertengahan 2018 yang berhasil menarik jutaan orang untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga : Dongkrak Omzet Penjualan Dengan Video Marketing

Maka tak heran jika dalam siklus pendanaan startup, aplikasi fintech banyak mendapat pendanaan. Mereka selalu digunakan dan tak pernah lepas kebutuhan sehari – hari. Selain fintech yang menjadi primadona, aplikasi pendidikan juga diperkirakan akan menjadi tren startup 2019.

Dengan layanan belajar online yang semakin mudah membuat tahun 2018 lalu banyak sekali startup pendidikan yang berkembang. Contohnya Zenius, Ruangguru, Quipper, HarukaEdu, Ekabima, Studi ilmu, dan masih banyak lagi startup pendidikan berfokus pada kemudahan memberikan layanan belajar.

Layanan belajar yang diberikan seperti kumpulan latihan soal dan video pembahasan. Belajar online lewat videocall bersama tutor atau bahkan membantu mencarikan tutor yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Baca Juga : Startup Gemilang! Sejahterakan Peternak lokal

Satu lagi tren startup di tahun 2019 ini adalah dibidang Agraris. Seperti kita tahu, Indonesia ialah negeri yang kaya akan sumber daya alamnya. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh technopreneur untuk menciptakan aplikasi atau startup yang bergerak dibidang pemberdayaan kekayaan alam. Diantaranya Agradaya, Sayurbox, Tanihub, Ternaknesia dan masih banyak lagi.

Tren startup 2019 antara lain Fintech, Pendidikan, dan Agraris. Tiga bidang ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk memulai membuat startup. Jangan lupa analisis kebutuhan pasar juga diperlukan agar tidak hanya sekedar menjadi startup asal asalan.

Salam Digitizers