Instagram

Ramainya antusiasme warga internet dalam media sosial Instagram, dimanfaatkan oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab. Saat ini, banyak akun yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperbesar jumlah followers. Padahal, Instagram menginginkan setiap pengunjung mendapatkan pengalaman yang nyata dan interaksi yang tulus. Oleh karena itu, developer merasa bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengalaman ini tidak terganggu oleh aktivitas yang tidak autentik seperti meroketnya jumlah like dan follower yang rupanya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sehingga, Instagram akan menghapus suka, ikut, dan komentar tidak autentik dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melejitkan popularitasnya. Mereka merancang alat pembelajaran mesin untuk membantu mengidentifikasi akun yang menggunakan layanan seperti ini dan menghapus aktivitas yang tidak autentik. Perilaku semacam ini memberi pengaruh buruk bagi komunitas, dan aplikasi pihak ketiga yang menghasilkan suka, ikut, dan komentar tidak autentik melanggar syarat serta ketentuan yang diberikan saat awal pembuatan akun.

Baca Juga: Instagram Akan Luncurkan Fitur Pencegah Bullying dan Baik Bagi Kesehatan Mental

Pembatasan

Instagram melakukan sejumlah upaya untuk membatasi perilaku yang tidak diinginkan semacam ini. Akun yang teridentifikasi menggunakan layanan seperti ini akan menerima pesan di aplikasi berisi peringatan bahwa Instagram telah menghapus suka, ikut, dan komentar tidak autentik yang diberikan oleh akun mereka kepada orang lain. Mereka juga akan meminta mereka untuk mengamankan akun dengan mengubah kata sandi. Orang yang menggunakan aplikasi semacam ini membagikan nama pengguna dan kata sandi mereka, dan terkadang akun mereka digunakan oleh aplikasi pihak ketiga untuk menciptakan suka, ikut, dan komentar yang tidak autentik. Ini bukan hanya memperkenalkan perilaku buruk kepada komunitas Instagram, melainkan juga membuat akun ini kurang aman.

Baca Juga: OVO PayLater, Uang Digital Sekaligus Pengganti Kartu Kredit

Pihak pengembang juga mengetahui bahwa beberapa orang mungkin secara tidak sadar membagikan username serta password mereka kepada aplikasi pihak ketiga. Lantas apa yang dapat dilakukan bila mendapat peringatan di aplikasi? cukup ubah kata sandi Anda untuk menghapus akses mereka ke akun Anda. Langkah baru ini akan berlanjut, dan akun yang terus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperbesar jumlah pemirsanya mungkin melihat bahwa pengalaman Instagram mereka terkena dampak. Sejak awal beroperasi, Insragam telah secara otomatis mendeteksi dan menghapus akun palsu guna melindungi komunitas yang ada. Pembaruan ini hanyalah langkah lain dalam menjaga kesemarakan komunitas Instagram, di mana orang menjalin hubungan dan berbagi dengan cara yang autentik. Akan ada pembaruan lagi pada minggu-minggu mendatang tentang upaya tambahan yang dilakukan untuk menghambat aktivitas tidak autentik di Instagram.

Baca Juga: Kenalkan! Fitur Baru LINE “Line Story”