samsung

Pada tahun 2019 ini, Samsung akhirnya mulai garang dan agresif di pasar budget serta mid-range. Brand asal Korea ini telah merilis beberapa smartphone dari lini M yang menawarkan pengguna fitur lengkap dan menarik. Tentu saja di harga yang relatif terjangkau.

Salah satu smartphone dari lini M itu adalah Galaxy M30, yang notabene merupakan seri tertinggi dari lini M dan tampil sebagai opsi yang lebih layak di harga Rp3 jutaan. Lantas, apa yang membuat Galaxy M30 begitu worth untuk dibeli?. Alasan apa yang mendasari kenapa smartphone ini disebut-sebut sebagai smartphone Rp3 jutaan terbaik?

Baca juga: OVO PayLater, Uang Digital Sekaligus Pengganti Kartu Kredit

Layar super AMOLED Infinity-U

Samsung Galaxy M30 menjadi satu-satunya smartphone yang menawarkan panel Super AMOLED diharga Rp3 juta. Artinya, layar 6,4 inci yang dibawa oleh Galaxy M30, jauh lebih cerah dan berwarna ketimbang layar dengan panel IPS LCD biasa.

Resolusinya sendiri berada di 2,280 x 1,080 atau FHD+ dengan aspek ratio 19:9. Disamping itu, Galaxy M30 juga menggunakan desain layar Infinity-U dengan notch berbentuk tetesan air sehingga mampu memberikan bezel yang lebih tipis dengan scree-to-body ratio mencapai 90 persen.

Ini membuat pengalaman multimedia pada Galaxy M30 menjadi lebih luas dan menyenangkan.

Dukungan Widevine L1 untuk streaming video di kualitas HD

Berbicara mengenai multimedia, sebagian besar smartphone di harga yang terjangkau tidak dapat memutar video dari layanan streaming dalam resolusi tertinggi, terlepas dari fakta bahwa resolusi layarnya telah HD. Ini terjadi karena tidak adanya lisensi Widevine L1 yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konten HD dari layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime dan YouTube.

Untungnya, Samsung Galaxy M30 telah dibekali dengan lisensi ini, sehingga ini tidak hanya menawarkan salah satu layar dengan tampilan terbaik, namun juga kegunaan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Go-Food Lebih Dipercaya UMKM Sebagai Online Food Delivery

Konfigurasi tiga kamera belakang dengan sensor ultra wide-angle

Di harga Rp3 juta, Samsung Galaxy M30 menjadi smartphone termurah yang hadir dengan konfigurasi tiga kamera belakang. Konfigurasi triple-camera ini terdiri dari kamera utama (13MP, f/1.9) yang didukung oleh kamera dengan lensa depth-sensing (5MP, f/2.2) dan kamera ultra wide-angle 123° (5MP).

Kamera yang dimiliki oleh Galaxy M30 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti Bokeh dengan blur yang bisa dikontrol, Live Focus, stiker AR (Augmented Reality), Panorama dan mode Beauty. Sementara itu untuk kamera depan, Galaxy M30 mengusung kamera selfie beresolusi 16MP.

Tawarkan performa lancar dengan chipset octa-core dan RAM hingga 6GB

Meski dibanderol di harga yang terjangkau, Samsung Galaxy M30 tetap tidak memotong atau mengurangi banyak hal di sektor spesifikasi. Samsung membekali Galaxy M30 dengan chipset octa-core Exynos 7904 (dua core ARM Cortex-A73 1,8GHz dan enam core ARM Cortex-A53 1,6GHz), yang didukung oleh GPU Mali-G71 MP2.

Chipset ini menggunakan fabrikasi 14nm sehingga tidak hanya mampu memberikan performa yang kuat, namun juga daya yang lebih hemat. Untuk RAM, Samsung menawarkan konfigurasi RAM dan penyimpanan internal yang masing-masing 6GB + 128GB dan 4GB + 64GB.

Baca juga: Meningkatkan Antusiasme Pasar Melalui Instagram Stories yang Interaktif

Baterai 5000mAh jumbo yang mampu bertahan hingga berhari-hari

Efisiensi daya yang dimiliki oleh Exynos 7904, tidak menghentikan Samsung untuk menanamkan baterai berkapasitas jumbo pada Galaxy M30. Dengan baterai 5000mAh, Samsung mengklaim jika Galaxy M30 mampu bertahan hingga berhari-hari untuk penggunaan normal.

Selain itu, Samsung juga menyediakan adaptor dengan dukungan fast-charging 15W, yang diklaim Samsung mampu mengisi daya 3x kali lebih cepat dari adaptor konvensional. Ini berarti, Galaxy M30 tidak hanya dapat bertahan lebih lama, namun juga bisa digunakan kembali dengan lebih cepat.  

Demikian tadi ulasan mengenai 5 alasan mengapa Samsung Galaxy M30 merupakan smartphone terbaik diharga Rp3 jutaan. Bagaimana, tertarik untuk membeli Samsung Galaxy M30?