pinjaman dana online
Source : https://www.google.co.id/

Pinjaman Dana Online, Seberapa Aman Fitur Ini? – Memperhatikan keamanan dalam segala hal merupakan hal utama dalam kehidupan mengingat rasa nyaman juga akan muncul ketika kita sudah merasa aman dalam segala aktivitas sehari-hari tak terkecuali dalam hal keuangan. Sejak teknologi semakin maju dan hampir segala hal berubah bentuk menjadi serba online, pinjaman dana online juga kian banyak bermunculan ditengah masyarakat. Selain itu, para pemilik bisnis online maupun offline juga dapat meminjam dana dengan mudah untuk menambah modal dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga : Investasi Kekinian Untuk Bantu Negara

Pinjaman dana online memang terbilang mudah dan efisien. Namun, apakah pinjaman dana online benar-benar aman? Banyak pula yang mempertanyakan soal keamanan pinjaman dana online ini mengingat mudah dan cepatnya proses pinjam tanpa harus bertatap muka. Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam pinjaman dana online? Berikut ulasannya.

Pinjaman Dana Online, Cek Terlebih Dahulu Beberapa Hal ini.

Aturan Pinjaman

Pemerintah telah mengawasi berbagai jasa keuangan dengan membentuk suatu lembaga yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya lembaga ini masyarakat akan merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan penyedia jasa keuangan di Indonesia. Sehingga penyedia jasa keuangan tidak bisa seenaknya mengatur mekanisme pinjaman uang serta peraturan pengembalian uang dari nasabah.

pinjaman dana online
Source : https://www.google.co.id/

Perbedaan Resmi dan Tidak Resmi

Penyedia jasa keuangan harus terdaftar pada lembaga OJK dan mematuhi aturan dari Bank Indonesia. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari penyedia jasa keuangan online tersebut. diantaranya alamat kantor, situs yang aman dan cara kerja.

Alamat kantor

Penyedia jasa keuangan yang resmi semestinya memiliki kantor fisik meskipun hanya menyediakan jasa keuangan secara online melalui situs.

Situs yang Aman

Pastikan alamat situs penyedia jasa keuangan diawali dengan “Https”. Sebagai contoh “Https://pinjaman.co.id”. huruf “s” menandakan data yang diproses didalam situs telah melalui proses enkripsi sehingga data nasabah aman.

Selain ada huruf “s”, harus ada simbol gembok pada URL Bar yang menandakan situs ini dijamin keamanannya.

Baca Juga : Revolusi Industri 4.0 Bikin Startup Yuk!

Cara Kerja

Penyedia jasa keuangan yang resmi harus terbuka dan taat aturan. Periksa mekanisme penentuan tenor, cicilan serta bunganya. Rata-rata pinjaman dana online memberikan bunga sebesar 3-4% per bulan. Jika jauh diatas rata-rata maka lebih baik tidak menggunakan penyedia jasa keuangan tersebut.

Cermati pula syarat-syarat pinjaman kepada nasabah. Biasanya dokumen yang harus disertakan yakni KTP, Surat keterangan kerja, catatan rekening dan slip gaji.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana online agar lebih aman dan tidak merugi terutama bagi pemilik usaha yang ingin mengajukan pinjaman dana untuk mengembangkan bisnisnya.

Salam Digitizer,